Mesin Turbo Diprediksi Bakal Jadi Tren

Mesin turbo. Ilustrasi
Sumber :
  • Motortrends

VIVA.co.id – Sejumlah pabrikan otomotif di dunia semakin gencar menghadirkan kendaraan berperforma tinggi, namun tetap irit dalam pemakaian bahan bakar.

Tidak Perlu Bingung Cari Pelumas untuk Mobil Hybrid

Salah satu cara yang dilakukan yakni membenamkan perangkat turbocharger pada mesin kendaraan. Perangkat yang dulunya identik dengan mesin diesel itu kini mulai banyak ditemui pada mesin bensin.

Director of Corporate Strategy and Marketing Honeywell Indonesia, Dharma Simorangkir memprediksi, mobil dengan mesin turbo bakal jadi populer dalam waktu lima tahun mendatang.

Honda HR-V Terbaru yang Meluncur di Indonesia Pakai Mesin Turbo?

"Karena adanya regulasi dari pemerintah (mobil hemat bahan bakar), adanya kesadaran konsumen untuk memiliki kendaraan yang ramah lingkungan," kata Dharma di Kemayoran, Jakarta.

Saat ini, sedikitnya ada 38 persen kendaraan di dunia yang telah menggunakan mesin turbo. Pada 2020, setidaknya 53 persen kendaraan akan mengusung turbo pada mesinnya. "Bakal banyak kendaraan penumpang bermesin turbo," ujarnya.

Ini Salah Satu Penyakit Mobil Bermesin Turbo

Menurut Dharma, banyak keuntungan yang didapat dari kehadiran turbo. Pertama, efisiensi bahan bakar mesin turbo mencapai 40 persen di mesin diesel dan 20 persen di mesin berbahan bakar bensin.

Tak hanya itu, turbo juga dapat menekan tingkat emisi dan polusi udara. “Terakhir, dengan mesin turbo, performa kendaraan menjadi lebih meningkat," katanya. (mus)

Peluncuran mobil baru Mazda CX-70

30 Januari 2024 Jadi Tanggal Peluncuran Mobil Baru

Mobil baru ini akan memiliki desain yang lebih ramping dan sporty.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2024