Kesuksesan Skuter Matik Gusur Popularitas Motor Bebek

Sepeda motor terparkir di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat, 2 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Edwin Firdaus.

VIVA.co.id – Kehadiran sepeda motor skuter matik di Tanah Air telah sukses menggerus pasar motor bebek. Hal itu merujuk catatan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) terhadap penjualan motor bebek yang terus menurun sejak 10 tahun terakhir.

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Wakil Ketua Umum III Bidang Industri dan Teknologi AISI Hari Budianto menyebut ada beberapa alasan penjualan motor bebek terus menurun dari tahun ke tahun. Salah satunya, matik lebih banyak menawarkan kemudahan bagi konsumen ketimbang motor bebek.

"Karena dia (motor matik) lebih ramah, uni sex, bisa digunakan orang muda dan dewasa," kata Hari di Jakarta.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Selain itu banyaknya fitur, teknologi dan kemudahan yang ditanamkan pada motor matik juga berperan besar.  Kemudahan yang didapat dari matik salah satunya terkait transmisi yang cukup mengulir tuas gas dan menarik rem dengan tangan.

“(Bebek) tetap masih ada marketnya, tapi sekarang tetap skuter, yang cc kecil tetap juga dibutuhkan. Kalau tipe sport dari dulu stabil segitu-segitu saja," tuturnya.

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Dari data AISI pada 2008 penjualan bebek mendominasi pasar dengan angka 63 persen, kemudian disusul matik 26 persen, serta sport 11 persen. Namun pada 2016, penjualan bebek hanya 10,1 persen, sport 10,9 persen. Sedangkan skuter matik menggelembung jadi 79 persen. (hd)

Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024