Cara Perpanjang Usia Cat Mobil Tetap Kinclong

Dua orang sedang mengecat mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Masih banyak pengguna mobil yang tidak mengetahui cara merawat bodi atau cat agar tetap bersih dan mulus sehingga warna cat tetap mengkilap.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Biasanya pengguna mobil mengganti cat bodi jika sudah tidak mengkilap lagi. Namun tentunya pengecetan membutuhkan biaya mahal dan waktu yang cukup lama.

Merawat bagian bodi mobil merupakan solusi terbaik untuk mengatasi cat mobil agar tetap kelihatan bersih. Bagaimana caranya?

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Manager Body and Paint Centre PT Cakrawala Automotif Rabasha Rudy Kusmanto mengatakan, perawatan agar cat bodi mobil tetap terjaga adalah memerhatikan cara mencuci yang benar. Dia menyarankan pemilik mobil untuk selalu mencuci mobil mulai dari bagian atas sampai ke bawah.

"Saat nyuci, ngelap bodi mobil jangan dari bawah karena kotoran itu adanya di bawah. Kalau dimulai dari bawah nanti lap kita sudah tercampur pasir dan bodi jadi baret," kata Rudy kepada VIVA.co.id di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat 31 Maret 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Pemilik mobil lanjut dia, juga tak disarankan menggunakan sabun cuci atau sabun colek untuk mencuci mobil. Hal itu dipastikan akan memperpendek usia cat bodi mobil.

"Jangan sekali-sekali nyuci mobil pakai sabun cuci. Cuci mobil harus pakai sabun khusus mobil baiknya yang kadar PH-nya 6-7," ujarnya.

Menurutnya merawat mobil berwarna hitam maupun putih tak jauh berbeda. Perlakuan saat pencucian lebih harus diperhatikan pemilik mobil.

"Kalau mobil warna hitam, mencucinya enggak benar saja dia akan timbul seperti benang halus pada cat bodi," Sedangkan warna putih dia akan cepat belang, saat kena air hujan harus segera disiram karena tingkat keasaman air hujan tinggi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya