AC Mobil Kurang Dingin, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Semua orang ingin memiliki kendaraan pribadi yang irit bahan bakar, murah biaya perawatan dan bebas mogok. Untuk bisa mendapatkan hal itu, mereka tentu harus melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Contohnya pendingin kabin atau air conditioner (AC). Keluhan yang paling sering diutarakan pemilik mobil adalah AC kurang dingin. Untuk kasus tersebut, freon pendingin yang sering dituding sebagai penyebabnya.

Padahal, bisa jadi tidak dinginnya AC akibat kipas extra fan yang tidak berfungsi maksimal. Pemilik bengkel Fendryss Motor, Rusdi Sopandi, mengatakan, kerusakan extra fan bisa dideteksi dengan dua cara.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Dilihat langsung, apakah kipas berputar saat AC dinyalakan. Atau biar lebih pasti, dilepas dulu, kemudian soket motornya disambung ke aki," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Jumat 31 Maret 2017.

Kerusakan motor extra fan, kata Rusdi, juga bisa dideteksi dari kecepatan putarannya. Jika baling-baling kipas berputar dengan kecepatan lambat, patut dicurigai adanya masalah pada motor tersebut. 

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Pokoknya, lihat dari putarannya saja. Langsung bisa terdeteksi. Selain dari putaran, kalau ada masalah, biasanya muncul bunyi berdecit atau seperti gesekan besi ketika motor bekerja," kata Rusdi.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022