Toyota Indonesia: 'Recall' Empat Model Masih Berjalan

Toyota Yaris.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota, mengumumkan penarikan kendaraannya secara global dalam kampanye recall (penarikan massal) terhadap jutaan unitnya. Recall tersebut dilakukan karena permasalahan inflator kantung udara (airbag) Takata.

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

Masalah yang terdapat pada inflator milik Takata, karena memiliki kecacatan dan dapat mengembang terlalu kuat hingga berisiko mencelakai penumpang. Recall ini juga berlaku di Indonesia, terhadap sejumlah model.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang kena imbas dari recall terkait airbag Takata. Penarikan sudah diumumkan dan hingga kini masih berjalan.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

"Repair Takata airbag inflator. Total repair sampai dengan 31 Maret 2017, 5,3 persen (2.132 unit). Modelnya Camry, Corolla, Vios, Yaris. Total unit yang terlibat (recall) di Indonesia adalah 40.280 unit," kata Soerjopranoto kepada VIVA.co.id, Selasa 4 April 2017.

Soerjopranoto kembali menegaskan, recall mobil tersebut meliputi mobil-mobil produksi tahun 2001 sampai 2008. "Itu recall 2001-2008, dan untuk perbaikannya dimulai beberapa waktu belakangan ini. Sudah kami beritahukan, bahkan di website Toyota terdapat informasi dan juga untuk kendaraan yang terlibat kami bantu untuk mendapatkan prioritas di bengkel-bengkel Toyota," ujarnya.

50 Tahun Kiprah di Indonesia, TAM Hadirkan Toyota GAZOO Racing

Toyota Indonesia, dikatakan, bakal terus memonitor pemilik kendaraan untuk mengikuti kampanye recall secara keseluruhan. Sebagai informasi, setidaknya sudah ada 16 kasus kematian yang dikaitkan akibat meledaknya inflator airbag Takata saat mobil mengalami kecelakaan. Kasus itu paling banyak terjadi di Amerika Serikat. (one)

Toyota GR Yaris.

Toyota Terpaksa Recall 18 Ribu Lebih Mobilnya, Termasuk GR Yaris

Toyota terpaksa menarik kembali atau recall atas 18.490 unit model kendaraannya di Australia karena bermasalah dan berisiko kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022