Ini Perkiraan Harga BBM Euro 4 di Indonesia

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – PT Pertamina Persero memastikan siap menyediakan bahan bakar berstandar Euro 4 pada 2025 di seluruh wilayah Indonesia. Namun, harga bahan bakar dengan standar itu dipastikan bakal lebih mahal dibanding Euro 2 yang ada saat ini.

Penerapan Standar Euro 4 untuk Mobil Diesel, Diundur 1 Tahun

Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina, Afandi, mengatakan, harga bahan bakar berstandar Euro 4 tak jauh berbeda dengan harga Pertamax Turbo, yang kualitasnya mendekati Euro 4.

"Sekarang Pertamax Turbo harganya berapa? Itu mendekati Euro 4, Rp9 ribu lebih. Pesaing kami juga menjual dengan harga segitu. Euro 4 lebih mahal lagi, bisa search di internet," kata Afandi di kantornya, Selasa 4 April 2017.

Bus Canggih Euro IV Mercy Siap Masuk Indonesia, Kapan?

Dia menjelaskan, selama ini Pertamina telah menyediakan bahan bakar yang memiliki kualitas bagus dan diklaim lebih ramah lingkungan, dengan research octane number (RON) 92. Namun, harga jualnya masih belum diterima masyarakat Indonesia secara luas.

"Kalau semua bahan bakar dikonversi ke Euro 4, pertanyaannya masyarakat siap enggak dengan harga BBM Euro 4?" ujarnya.

Hadapi Euro 4, Suzuki Tak Hanya Siapkan Mobil

Afandi meminta pemerintah bisa bijak menerapkan kebijakan tersebut, agar tidak membebani masyarakat. Karena harganya yang bakal lebih mahal dibanding dengan bahan bakar berstandar Euro 2.

"Jadi, selama menunggu jadi keseluruhan kilang minyak pada 2025, maka kami nanti di 2019 sudah produksi. Tapi, belum bisa memenuhi kebutuhan nasional. Maka, (kami) akan mengimpor sebagian BBM standar Euro 4 dari berbagai negara yang produksi," katanya. (one)

Isuzu Panther LV.

Ada Kabar Baik untuk Penggemar Isuzu Panther

Mobil ini akan terus dijual karena Euro 4 belum berlaku

img_title
VIVA.co.id
28 Juni 2020