TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Begini Jadinya Mobil Mewah Dilapisi 10 Ribu Bulu Burung

Dibutuhkan waktu 300 jam untuk menempeli bulu secara manual.
Begini Jadinya Mobil Mewah Dilapisi 10 Ribu Bulu Burung
McLaren dilapisi bulu burung sintesis. (Paultan)

VIVA.co.id – Pabrikan mobil sport mewah asal Inggris, McLaren mengumumkan peluncuran Feather Wrap (pembungkus bulu) untuk salah satu model andalannya, 570GT. Mobil itu dibungkus layaknya seekor burung dengan penempelan sebanyak 10 ribu bulu burung palsu yang terbuat dari bahan sintesis.

Seperti dilansir Paultan, Kamis, 6 April 2017, penempelan sekujur bodi mobil bertenaga beringas itu dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan. Alhasil, dibutuhkan waktu yang tak sedikit untuk menempelkan tiap bulunya. Berdasarkan keterangan McLaren, tim mengerjakannya hingga 300 jam, di mana semua bulu ditempel secara paralel ke arah depan.

Pertimbangan ini dilakukan agar udara yang mengalir di atas tubuh mobil dapat lebih sempurna. Bulu-bulu tersebut kemudian dilapisi pernis.

Menurut  McLaren Biomimicry Specialist, Robin Crane, mobil ini terinspirasi dari alam. “Insinyur dan desainer kami telah lama terinspirasi oleh alam dengan tujuan untuk menciptakan bentuk paling ringan dan paling aerodinamis di jalan. Kami menyebutnya biomimicry. Setelah itu terjadi percakapan dengan para perajin dan wanita di  McLaren Special Operations (MSO) yang menyebabkan penciptaan Feather Wrap,” kata Crane.

Sadar apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi bulu-bulu akan bergetar, tim kemudian mengurangi efek tersebut dengan menambahkan 2,5 kilogram bulu dari berat mobil. “Prestasi kami telah mencetak burung kecil melalui proyek ini. Feather Wrap sudah bisa dipesan sebagai pilihan untuk McLaren 570GT pada tanggal 1 April 2017," ujar Crane. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP