Ada Honda CBR150R Tiruan Berharga Murah dari China

WJ150R, tiruan CBR150R asal China.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id – Industri otomotif China memang gemar mencontek kendaraan bermotor produsen otomotif terkemuka dunia. Tidak hanya mobil, plagiat juga kerap dilakukan untuk kendaraan roda dua. 

Bocoran Honda CBR250RR 4 Silinder, Siap Jegal Kawasaki ZX-25R

Seperti dilansir Visordown, Senin 10 April 2017, salah satu perusahaan motor yang turut menjadi korbannya adalah Honda. Setidaknya ada empat motor-motor Honda yang ditiru pabrikan China dengan wujud dibuat sangat mirip seperti aslinya. Salah satunya adalah Wojan WJ250R yang merupakan tiruan dari CBR250R dan WJ150, tiruan dari CBR150R.

Meski sekilas motor-motor itu nampak sama dengan kuda besi besutan Honda, namun ada sejumlah perbedaan yang bisa dilihat secara kasat mata, yakni di sekitar tangki dan jok motornya. 

Motor Baru Honda Mengaspal di Indonesia, Harga Setengah Miliar

Salah satu motor lainnya yang berhasil ditiru adalah Honda XRE300. Motor itu lalu diberi nama Haray HY300. Motor bergaya petualang ini hadir dengan pembenaman headlamp khas motor adventure dan biasanya dijual oleh Honda untuk pasar Brasil. Namun motor itu kemudian dijiplak oleh perusahaan China.

Kendati demikian, meski gaya yang diusung tiruannya sama, tetapi untuk ukuran dimensi berbeda dengan versi aslinya. Bahan-bahan material yang digunakan Honda tentu jauh lebih baik.

Motor Baru Honda Bakal Meluncur Pekan Depan di Indonesia

Satu motor lainnya yang ditiru adalah Hornet. Motor itu diberi nama Leike Hornet. Tak dijelaskan secara detail apa mesin dan yang diusungnya, termasuk fitur-fitur lainnya. Tetapi secara kasat mata, memang mirip dengan buatan Honda. Perbedaan yang paling mencolok tentu ada pada harga keempat motor itu yang dijual di bawah harga pasaran motor-motor Honda. (hd)

Bocoran lampu motor baru Honda

Motor Baru Honda Meluncur Besok, Mesinnya Bikin Yamaha Gerah

Honda siap meluncurkan motor barunya awal November, secara spesifikasi terutama mesin bisa bikin Yamaha gerah karena sangat bersaing tenaga dan torsinya.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2021