TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ketika Honda Supra Dimodifikasi Bergaya Cafe Racer

"Saya menggunakan rangka original Honda Cup 70."
Ketika Honda Supra Dimodifikasi Bergaya Cafe Racer
Honda Supra bergaya cafe racer. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Tak ada yang mengira jika cafe racer yang satu ini terlahir dari rahim sebuah motor bebek Honda Supra lansiran 2003. Namun itulah kenyataannya. Di tangan Rizal Diparani, Supra tersebut jauh dari kesan motor yang biasa digunakan para tukang ojek mengais rezeki.

Menurut dosen ilmu komunikasi di salah satu universitas swasta kenamaan di Tangerang Selatan ini, Supra itu digarap dari hasil pengawinan dengan rangka C70. “Saya menggunakan rangka original Honda Cup 70 dan melakukan perubahan. Seperti kedudukan swing arm lebih panjang lima sentimeter, dan tangki awalnya di jok, jadi saya ubah rangka tengahnya,” ujar Rizal kepada VIVA.co.id.

Sementara untuk bahan material yang digunakan, pria paruh baya ini mengintegrasikan empat bahan berbeda. Kata dia, ada metal (besi), fiber untuk fairing, dan juga menggunakan kayu jati untuk bagian jok dan tutup tangki.

“Susah mencari konstur serat kayu yang banyak, karena kalau tidak ada serat dilihatnya kurang menarik. Untuk bahan karbon pada fairing itu saya cetak sendiri, pokoknya semua saya custom, kecuali part mirror seperti kaca spion aftermarket,” ujarnya menambahkan.

Honda Supra yang disulap bergaya cafe racer.

Ia mengaku tidak menyukai barang aftermarket bermerek ternama yang memiliki harga mahal. Dia lebih menyukai mengusung barang-barang dengan sentuhan kreatif, karena hasilnya menjadi berbeda dengan motor-motor kustom kebanyakan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan cafe racer ini adalah dua bulan setengah.

“Persoalan saya bukan bengkel, jadi saya mengerjakan di rumah, semua dibantu tenaga-tenaga ahli seperti tukang jok, bengkel bubut dan las. Kalau budget tidak mahal. Lihat saja dasar Supra harganya saja Rp1,5 jutaan, untuk cat hanya Rp700 ribuan, kalau sama modifikasinya mungkin sekira Rp22 juta,” tuturnya.

Berikut data modifikasinya:

Mesin: Honda Supra 2003
Sasis: Honda Cup 70
Pelek depan: Alumunium custom 17x1,85
Pelek belakang: Alumunium custom 18x2,25
Suspensi depan: Monoshock springer
Suspensi belakang: Monoshock
Setang: Honda Vario custom
Tangki: Custom
Bodi: Custom karbon
Fairing: Custom karbon
Jok: Custom kayu
Handgrip: Custom karbon
Knalpot: Custom karbon
Handle rem: Aftermarket
Handle kopling: Aftermarket
Speedomter: Aftermarket
Footstep: Aftermarket krom
Paint: White pearl
Bengkel: Riko Custom
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP