Ternyata Ini Penyebab Mobil Bisa Mendadak Mogok di Rel KRL

Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Banyak pengendara mobil kerap mengalami masalah saat melintasi rel kereta api, yakni mobil mendadak mogok saat berada di lintasan. Kondisi ini tentu berbahaya. Sebab bisa menyebabkan mobil tertabrak kereta api.

Penampakan Mobil Pemudik Mogok hingga Ngebul di Tol Kalikangkung

Menurut Chief Instructor Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, faktor utama mobil secara tiba-tiba mogok ternyata adalah adanya daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api. Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel.

"Memang saat melintasi rel kereta api, pengendara harus memerhatikan benar, terlebih setelah kereta lewat. Karena setelah kereta lewat masih ada daya magnetiknya, sehingga pengendara sebaiknya menunggu dua sampai tiga detik setelah kereta lewat atau tidak terburu-buru melintasi rel kereta, agar magnetiknya sudah hilang," kata Herry.

5 Tanda-tanda Mobil Bakal Mogok

Apabila mobil tetap mengalami mogok di atas perlintasan kereta api, Herry menegaskan pengendara diminta jangan panik. Anda sebaiknya tetap fokus dan tenang sambil mematikan kunci kontak mobil. Setelah mematikan kunci kontak, coba starter kembali. Lakukan seperti menyalakan mobil biasanya. 

"Kalau memang mobil tetap tidak mau menyala, pengendara sebaiknya turun dan minta bantuan sekitar untuk mendorong mobil ke tempat yang aman. Kuncinya itu jangan panik," lanjut Herry.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sementara itu, seperti dilansir situs resmi Toyota, kendaraan yang rawan mogok di perlintasan kereta api adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin. Sedangkan yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh. Sebab beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI. Sementara roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat. Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mati.

"Jika hal tersebut memang terjadi (mobil mogok di tengah perlintasan kereta), usahakan jangan panik dan segera keluar dari kendaraan sebelum kereta melintas," kata Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suhada. (ren)

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

Imam Besar Masjid Istiqlal: Selama Ini Ulama Seperti Pendorong Mobil Mogok atau Pemadam Kebakaran

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan bahwa bahasa agama lebih efektif menyentuh masyarakat daripada bahasa birokrasi atau politik.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2023