Trik Ampuh Hentikan Mobil dengan Aman Jika Rem Blong

Ilustrasi pedal mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Salah satu penyebab kecelakaan adalah rem yang tidak berfungsi, alias blong. Pada kondisi itu, biasanya rem tak berfungsi maksimal, meski sudah diinjak sedalam mungkin. Banyak faktor yang menyebabkan rem blong, mulai dari dari kampas rem habis, piston rem aus, jumlah dan kualitas minyak rem menurun, selang bocor, hingga masalah di booster dan master rem.

5 Fakta Tabrakan Beruntun di Puncak, Kernet Truk Sempat Berteriak

Perawatan pada sistem pengereman secara berkala, tentu wajib dilakukan untuk menghindari kasus seperti ini. Beberapa tanda rem berpotensi blong adalah tampaknya rembesan minyak di salah satu roda dan di pedal rem. Selain itu, pedal rem terasa empuk saat diinjak.

Lantas, apa yang perlu dilakukan, saat rem blong, ketika tengah melaju di jalan raya? Chief Instructor Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, memberikan tips ampuh yang dapat membantu Anda saat mengalami kondisi demikian.

Terkuak Penyebab Kecelakaan 5 Kendaraan Roda Empat dan 2 Motor di Puncak

"Paling pertama adalah jangan panik. Coba untuk terus menekan rem secara terus menerus, agar rem mendapat tekanan. Apabila memang tetap tidak bisa, coba untuk melepas gas agar mendapatkan engine break," kata Herry kepada VIVA.co.id, Selasa 11 April 2017.

Langkah selanjutnya, turunkan transmisi secara bertahap, agar laju mobil dapat melambat. Herry juga mengatakan, dalam kondisi itu rem parkir --rem tangan-- juga dapat digunakan. "Hanya saja saat menggunakan rem parkir, harus memerhatikan benar caranya. Kalau salah bisa berakibat fatal. Caranya, itu tekan tombol yang ada pada rem parkir, lalu ditarik dan diturunkan lagi, lakukan berulang, jangan sampai roda terkunci. Kebiasaan salah saat ini adalah menarik rem parkir tanpa ditekan tombolnya sehingga bunyi 'preek'," ujarnya.

Tragis Pejalan Kaki Tewas Usai Tertabrak Mobil di Kota Batu

Bila kendaraan masih juga belum berhenti, jalan terakhir adalah mengarahkan kendaraan ke benda mati di sebelah kiri. "Arahkan ke sebelah kiri, mengarahkan ke tembok, pohon atau mobil dengan cara memepetnya, atau menyerempet, agar mobil berhenti secara perlahan," katanya. (asp)

Kecelakaan beruntun di puncak

Kesaksian Pemilik Bengkel di Lokasi Tabrakan Beruntun Puncak: Telat Sedikit Saya Terbawa

Tabrakan beruntun terjadi di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 23 Januari 2024 sekitar pukul 11.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024