Membandingkan 'Lucunya' Proses Beli Mobil Dulu dan Sekarang

Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA.co.id – Kemajuan teknologi digital, ternyata membantu banyak orang untuk memiliki mobil idaman. Setidaknya, para calon konsumen kendaraan saat ini, bisa melakukan riset terlebih dahulu, sebelum menjatuhkan pilihan. Cukup berselancar di jagad maya dengan perangkat seluler dan jaringan internet, semua informasi tersedia.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Industry Head Google Indonesia, Amalia Fahmi mengatakan, penilitian yang dilakukan oleh Google dan sebuah lembaga survei memperlihatkan, perangkat seluler ternyata berperan penting dalam menentukan keputusan pembelian mobil di Indonesia.

"Survei kami lakukan di pertengahan 2106. Survei terhadap 508 responden dengan umur, gender, serta wilayah domisili yang kami anggap cukup mewakili pembeli mobil," kata Amalia, di Senayan, Jakarta, Selasa 11 April 2017.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Hasilnya, kata Amalia, sebanyak 72 persen pembeli mobil memerlukan waktu kurang lebih dua bulan untuk memilih merek mobil yang tepat. Mereka melakukan research sampai membeli mobil.

Amalia mengatakan, dahulu, sebelum menjatuhkan pilihan pada mobil tertentu, biasanya mereka akan menyambangi lima diler terlebih dahulu. Hal itu ditempuh untuk mengkomparas,i baik merek dan model mobil. Sementara, saat ini, kegiatan tersebut sudah mulai berkurang.

Mobil Ini yang Jadi Penopang Jualan Honda di Indonesia

"Terutama, saat ingin mencari informasi tentang mobil, 67 persen berkata bahwa mereka menggunakan Google Search untuk mulai mencari informasi tentang mobil yang ingin dibeli," kata dia. (asp)

Booth Mitsubishi di GIIAS 2019.

Buka Tahun 2021, Mitsubishi Jual Lebih dari 6 Ribu Mobil di RI

Penjualan mobil Mitsubishi di Indonesia mencapai 6.669 unit di Januari 2021, didominasi oleh produk Xpander.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2021