Apa Mobil yang Paling Banyak Dicari Masyarakat RI di Google?

Deretan mobil modifikasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Konsumen di Indonesia saat ini mulai menggunakan telepon seluler dengan jaringan internet sebelum membeli mobil. Kebanyakan dari mereka melakukan riset terlebih dahulu, mengkomparasi produk, hingga akhirnya memutuskan membeli sebuah produk.

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Menurut Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor Dimas ibrahim Aska, pihaknya memiliki data mobil apa saja yang paling banyak dicari konsumen di Tanah Air. Terlebih saat ini Toyota juga memiliki layanan dengan teknologi digital.

"Terkait yang di-search, servis di mana, harga jual kembali bagaimana, itu bagaimana caranya sudah tersedia. Jadi saat konsumen mencari, bukan hanya yang dibutuhkan, tetapi mencari (di Google) sebuah pengalaman," ujar Dimas di Senayan, Jakarta, Selasa 11 April 2017.

Ada Android 15 bikin Fitur Ini bisa Digunakan untuk Melacak HP Mati

Untuk model mobil yang paling banyak dicari di mesin pencarian Google, Avanza ternyata menjadi yang paling populer. Konsumen yang mencari informasi Toyota Avanza di internet mulai dari model baru, spesifikasi, hingga mencari informasi terkait mobil bekas pakainya.

"Yang paling banyak dicari dan nomor satu itu dari sekian banyak mobil baru ternyata masih Avanza. Salah satu alasan orang mau beli ya karena informasinya yang tersedia banyak," kata dia.

YouTube Premium Bisa Dinikmati 10 Negara, Ada Pulau Paling Sial

Sementara itu, di tempat yang sama, Industry Head Google Indonesia, Amalia Fahmi mengatakan, dari penelitian yang dilakukan oleh Google dan sebuah lembaga survei memperlihatkan, pencarian mobil pada mesin pencarian mereka mengalami peningkatan. Ini tentu berbeda dengan beberapa tahun lalu.

Dahulu sebelum menjatuhkan pilihan pada mobil tertentu, biasanya calon konsumen akan menyambangi lima diler terlebih dahulu, untuk mengkomparasi merek dan model mobil. Sementara, saat ini, kegiatan tersebut sudah mulai berkurang. 

"Terutama, saat ingin mencari informasi tentang mobil, mereka menggunakan Google Search untuk mulai mencari informasi tentang mobil yang ingin dibeli," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya