Efek Buruk Sering Biarkan Kerikil Menempel di Ban

Kerikil menempel di ban motor.
Sumber :
  • Shiftinggears

VIVA.co.id – Ban motor merupakan bagian penting pada kendaraan yang patut untuk selalu dirawat agar tetap maksimal performanya. Jika perawatannya diabaikan, maka tentu akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

Pentingnya Tekanan Angin Ban Motor yang Tepat

Merawat ban motor sebenarnya bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana. Namun masih banyak pengguna motor yang malas merawat ban kendaraannya. Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi mengatakan, untuk merawat ban pengguna harus memerhatikan tekanan ban motor agar tunggangan tetap stabil.

"Standar tekanan angin ban depan dua psi, kalau ban belakang 2,25 psi. Kalau motor untuk harian sebaiknya ya dijaga tekanan anginnya," kata Yulfachmi di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 12 April 2017.

Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Selain itu, kebersihan motor juga harus dijaga. Pastikan tak ada sisa kerikil atau batu kecil yang menempel di karet ban. Sebab jika benda itu menempel terlalu lama bisa menyebabkan permukaan karet terkikis hingga retak.

"Kalau ada kerikil bisa melukai karet. Kalau melukai dan terlalu lama menempel lukanya bisa melebar, bisa retak nanti," ujarnya.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Penyebab Ban Motor Baru Terasa Licin

Solusinya adalah membersihkan ban motor yang tertempel kerikil dengan cara disikat serta mengurangi kecepatan saat melintas di jalan rusak atau bebatuan. "Kalau kotor atau kena oli, kerikil harus cepat-cepat dibersihkan, disikat, kalau dibiarkan lama bisa merusak permukaan ban," katanya. (ase)

Vespa matic di towing

Agar Vespa Matic Aman saat Ditinggal Lama Mudik, Lakukan 7 Hal Ini

Radyan Mahandya Putra dari Scooter VIP kasih tips jika meninggalkan Vespa Matic di rumah saat mudik lebaran yang patut Anda lakukan.  Salah satunya isi bensin yang penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024