Ban Bocor Bagian Samping 'Haram' Ditambal, ini Sebabnya

Ban bocor.
Sumber :
  • ayoselamat.org

VIVA.co.id – Seiring dengan masa pemakaian yang semakin lama tentu ban akan semakin rentan mengalami kebocoran. Biasanya, sumber bocor berada di bagian telapak ban. Namun terkadang sumber bocor terjadi di dinding atau bagian samping ban.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Jika kendaraan Anda bocor pada bagian samping atau dinding ban, jangan sekali-kali Anda menambalnya. Anda disarankan untuk mengganti ban dengan yang baru. Kenapa?

Menurut Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi, sangat berisiko bila kebocoran pada dinding ban hanya ditambal. "Jangan itu bahaya, karena visibilitasnya tinggi," kata Fachmi saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dia menyarankan jika kebocoran yang terjadi pada bagian samping sebaiknya diganti dengan yang baru. Sebab kata dia, ban yang bocor bagian dinding meski ditambal akan terus bocor. Selain itu, dengan menambal justru akan membuat kendaraan menjadi tidak stabil.

"Saat ban yang samping bocor, enggak ada lapisan yang bisa menampung atau menyimpan angin. Baiknya diganti. Ban samping bocor membuat pengendara tidak stabil ya karena itu enggak bisa simpan angin," katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022