TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ban Bocor Bagian Samping 'Haram' Ditambal, ini Sebabnya

Sangat berisiko bila kebocoran pada dinding ban hanya ditambal.
Ban Bocor Bagian Samping 'Haram' Ditambal, ini Sebabnya
Ban bocor. (ayoselamat.org)

VIVA.co.id – Seiring dengan masa pemakaian yang semakin lama tentu ban akan semakin rentan mengalami kebocoran. Biasanya, sumber bocor berada di bagian telapak ban. Namun terkadang sumber bocor terjadi di dinding atau bagian samping ban.

Jika kendaraan Anda bocor pada bagian samping atau dinding ban, jangan sekali-kali Anda menambalnya. Anda disarankan untuk mengganti ban dengan yang baru. Kenapa?

Menurut Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi, sangat berisiko bila kebocoran pada dinding ban hanya ditambal. "Jangan itu bahaya, karena visibilitasnya tinggi," kata Fachmi saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

Dia menyarankan jika kebocoran yang terjadi pada bagian samping sebaiknya diganti dengan yang baru. Sebab kata dia, ban yang bocor bagian dinding meski ditambal akan terus bocor. Selain itu, dengan menambal justru akan membuat kendaraan menjadi tidak stabil.

"Saat ban yang samping bocor, enggak ada lapisan yang bisa menampung atau menyimpan angin. Baiknya diganti. Ban samping bocor membuat pengendara tidak stabil ya karena itu enggak bisa simpan angin," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP