Trik Ampuh Atasi Sunroof Mobil Tak Mudah Pecah

Sunroof.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Mobil keluaran terbaru saat ini ada yang sudah dilengkapi dengan sunroof. Dengan kaca tersebut, selain terlihat lebih mewah dan berkelas, juga membuat kabin lebih terang saat berkendara siang hari, lantaran sinar matahari yang bisa masuk ke dalam kabin.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Meski demikian, ada baiknya pula sunroof dibekali dengan kaca film. Sebenarnya, sunroof yang dipasang di atap mobil memang berbeda karena dibuat lebih teduh dibandingkan kaca mobil lainnya. Tetapi pemasangan kaca film tetap perlu untuk meredam panas matahari yang datang dari atas saat siang hari. 

"Sinar matahari kan datangnya dari atas, kalau siang bikin kabin jadi terang dan panas pastinya. Nah kalau pasang kaca film bisa diredam," kata April, penggawa V-Two Film, di MGK Kemayoran kepada VIVA.co.id.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

Selain itu pemasangan pelapis film pada kaca sunroof juga dikatakan dapat memperkecil risiko kaca pecah saat terkena benda jatuh ke atap mobil. "Terus kalau dia kena batu atau benda dari atas, bisa sedikit menahan kaca biar enggak langsung pecah. Yang pasang kaca film untuk sunroof bahkan juga panoramic roof banyak kok," ujar dia.

Untuk melakukan pemasangan, calon konsumen tentu harus menyiapkan dana berlebih karena harga yang ditawarkan tidak murah. "Biasanya itu Rp800 ribu untuk memasang film di sunroof saja. Kalau panoramic roof malah bisa sampai Rp2,5 juta karena lebih besar bidangnya," ujar April.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO
Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024