TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Benarkah Ban Diisi Nitrogen Bikin Irit BBM?

Gas nitrogen kini menjadi pilihan banyak pemilik kendaraan.
Benarkah Ban Diisi Nitrogen Bikin Irit BBM?
Isi angin pakai nitrogen. (Toyota)

VIVA.co.id – Selain pengisian ban dengan angin atau oksigen, saat ini sudah banyak dijumpai pengisian ban dengan gas nitrogen seperti yang ada di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pengisian ban dengan gas nitrogen kian digemari para pengendara kendaraan bermotor karena dianggap memiliki kelebihan. 

Menurut Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi, ban kendaraan yang diisi dengan gas nitrogen akan lebih stabil dibanding diisi dengan udara biasa. "Daya cakram dan kinerja pada ban menjadi lebih optimal akibat grip yang baik dan tekanan yang tidak berkurang," kata Fachmi saat ditemui di Karawang, Jawa Barat.

Keuntungan lainnya adalah berat jenis partikelnya yang lebih ringan serta lebih besar, membuat kebocoran ban yang diisi gas nitrogen lebih sedikit, sehingga tidak membutuhkan pengisian yang terlalu sering. Tekanan ban yang pas juga dapat menghemat bahan bakar. "Pengisian ban dengan gas nitrogen juga lebih menghemat konsumsi bahan bakar, karena saat ban diisi gas nitrogen, kinerja mesin menjadi berkurang," ujarnya. 

Tak hanya itu, ban juga akan bekerja lebih optimal ketika berputar, karena sifatnya yang dingin. Artinya menjaga temperatur ban tetap dingin. "Bisa juga mengurangi keausan ban yang tidak merata serta memperbaiki manuver," katanya. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP