Wiper Didirikan Saat Mobil Terparkir, Apa Manfaatnya?

karet wiper mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemandangan wiper berdiri saat mobil tengah terparkir sudah menjadi hal lazim. Namun tak sedikit yang masih belum tahu apa manfaatnya. Meski terlihat sepele namun langkah ini sebenarnya sangat bermanfaat, terutama untuk menjaga umur pemakaian karet wiper.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Hal itu diungkapkan pemilik bengkel Orange Garage, Octa Bond. Menurutnya, bila wiper didirikan saat sedang terparkir dapat membuat karet wiper berumur lebih panjang.

"Sebenarnya didirikan itu kalau memang mobil terparkir cukup lama. Hal itu berpengaruh pada karet wiper," katanya kepada VIVA.co.id.

Octa juga menjelaskan bila mendirikan wiper saat mobil terparkir dapat menjaga kelembutan dan kelenturan karet wiper, sehingga tidak cepat getas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Memang kalau menempel di kaca mobil dapat membuat karet lebih cepat getas. Untuk menjaga karet wiper berumur panjang dan dapat berfungsi dengan baik dirikan wiper saat menyimpan mobil," ujarnya.

Selain mendirikan wiper, pemilik kendaraan juga bisa mengalasi wiper dengan koran atau kertas agar tidak bersentuhan dengan kaca. Pasalnya, kontak langsung dengan kaca, baik dalam kondisi panas maupun hujan tentu akan mempengaruhi kualitas karet wiper. (one)

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022