Efek Buruk Tambal Ban Tubeless Pinggir Jalan

Tambal ban tubeless
Sumber :
  • montirgw.com

VIVA.co.id – Penggunaan ban tubeless pada kendaraan bermotor memang dikenal lebih praktis dan mudah ketimbang dengan ban biasa yang masih menggunakan ban dalam. Salah satunya tak perlu repot-repot saat menambal sewaktu bocor. 

Viral Bocah Laki-laki Sebar Paku di Jalanan Depok, Aksinya Meresahkan Warga

Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi mengatakan, perusahaannya tak merekomendasikan pengguna kendaraan bermotor menggunakan ban tubeless yang sering ditambal. "Sebaiknya kalau ban tubeless yang sudah sering ditambal itu sarannya untuk diganti," kata Fachmi di Karawang, Jawa Barat.

Dia mengatakan, meski tak ada batasan maksimum sebuah ban ditambal, namun yang pasti, ban tubeless yang sering ditambal akan berbahaya saat manuver. Karena lapisan pada ban mulai rusak bila penambalan sering dilakukan.

Mudik ke Brebes, Ban Mobil Sri Mulyani Bocor Kena Paku di Tol Cikampek

"Enggak ada batasan maksimal sebuah ban itu ditambal. Selama punya uang untuk membeli ban baru, sebaiknya diganti kalau sering ditambal," ujarnya menambahkan. 

Dia menjelaskan saat proses penambalan terjadi, tambal ban di pinggir jalan kerap menggunakan tindakan yang salah, seperti salah satunya melakukan model cacing pada ban tubeless, padahal hal itu bisa membuat ban benjol.

Tips Aman Mengemudi Mobil dalam Kondisi Ban Bocor

"Kalau lapisan sudah rusak, ada benjol itu berbahaya bagi keselamatan. Bisa mencelakakan diri sendiri. Saran kami ya sebaiknya diganti," katanya. (hd)

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Viral Ban Mobil RI 1 Bocor di Grobogan, Jokowi Menunggu di Pinggir Jalan

Mobil kepresidenan yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) diduga mengalami bocor ban saat melakukan kunjungan kerja ke Grobogan, Senin 22 Januari 2024 lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024