TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kenali Tanda-tanda Wiper Mobil Anda Bermasalah

Mulai dari karet wiper hingga saklar.
Kenali Tanda-tanda Wiper Mobil Anda Bermasalah
Wiper Bosch Clear Advantage. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Keberadaan wiper pada mobil tentu sangat vital, terutama saat hujan deras. Untuk mendapatkan jarak pandang yang bagus tentu kondisi wiper sangat memegang peranan penting. Karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kapan harus mengganti wiper yang sudah tak layak digunakan.

Pemilik Orange Garage, Octa Bond, menjelaskan bahwa wiper merupakan salah satu komponen pada mobil yang tahan lama, jika dirawat dengan baik tentunya. "Untuk tahu indikasi kerusakan biasanya dengan bunyi-bunyi," kata Octa.

Untuk gejala kerusakan wiper, Octa mengatakan pemilik kendaraan dapat memperhatikan kinerjanya. Jika karet tidak bisa menyapu air secara maksimal maka hal itu merupakan indikasi wiper sudah harus diganti.

Sedangkan motor wiper, Octa mengungkapkan, kerusakannya bisa diketahui dari bunyi yang terdengar dan gerakan wiper.

"Kalau ada problem pada motor biasa ada bunyi seirama dengan putaran wiper. Kalau didengar memang beda dengan bunyi putaran wiper. Paling gampang, saat wiper sedang di atas lalu kontak dimatikan posisinya wiper turun tapi lemas dan tidak ke posisi awal," katanya.

Sementara itu, untuk kerusakan pada saklar, dapat terindikasi saat wiper dinyalakan dan sedang dalam posisi atas, lalu kontak dimatikan, maka wiper akan tetap menggantung.

"Kalau saklarnya yang rusak, pas dinyalakan dan wiper di atas, kontak dimatikan, dia akan langsung diam tanpa posisi saklar off. Kalau sudah indikasi seperti ini sebaiknya langsung dicek ke bengkel," kata Octa. (one)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP