TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mobil Euro 4 dan Bahan Bakar Gas Cocok untuk Indonesia

Mobil tenaga listrik dianggap belum sesuai dengan kebutuhan.
Mobil Euro 4 dan Bahan Bakar Gas Cocok untuk Indonesia
Pengisian gas pada mobil berbahan bakar BBG (VIVA/Herdi Muhardi)

VIVA.co.id – Pabrikan otomotif dunia berlomba membuat kendaraan yang ramah lingkungan dan efisien dalam bahan bakar. Ini terkait dengan isu pencemaran lingkungan akibat emisi dari gas buang kendaraaan.

Di Indonesia, kata Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, ada dua jenis kendaraan ramah lingkungan yang paling sesuai, yakni kendaraan dengan mesin standar Euro 4 dan mobil berbahan bakar gas.

"Saat ini saya bicarakan untuk Toyota aja ya  Euro 4 dan CNG yang cocok untuk Indonesia karena cost-nya tidak terlalu mahal," ujar Soerjo.

Untuk kendaraan dengan teknologi hibrida, meski Toyota sudah menjual dua model yakni Camry dan Alphard, Soerjo mengatakan, masih memerlukan waktu untuk edukasi kepada konsumen.

Model lainnya, yakni mobil dengan tenaga listrik juga dianggap belum sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan infrastruktur di Tanah Air. Soerjo mengatakan, Indonesia belum memiliki tempat charging umum seperti di negara yang sudah menjual mobil listrik.

"Paling mahal, tetapi juga paling sering ditanyakan oleh pemerintah itu electric car. Tapi kembali lagi, mobil listrik ini kan pakai baterai dan kendalanya itu kemampuan baterainya berapa lama, lalu kalau tenaga listrik dari baterai ini habis, mau dicolok di mana, itu dia soal kesiapannya," ujar Soerjo. (mus)


 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP