TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ikuti Standar Euro4, Harga Mobil Toyota Bakal Naik

Tapi tidak mencapai satu persen.
Ikuti Standar Euro4, Harga Mobil Toyota Bakal Naik
Toyota Calya  (VIVA.co.id/Herdi Muhardi)

VIVA.co.id – Pemerintah akan memberlakukan standar emisi kendaraan Euro 4 tahun depan. Hal ini membuat pabrikan otomotif di Indonesia, salah satunya Toyota ikut melakukan persiapan. Salah satunya dengan menaikkan harga produknya.

Executive General Manager TAM F. Soerjopranoto mengatakan, Toyota siap mengikuti regulasi yang dibuat pemerintah Indonesia terkati standar emisi mobil. "Euro 4 kami bisa comply karena kami punya mesin basicly cuma dua nih," kata Soerjo.

Untuk mengikuti standar euro 4, kata Soerjo, ada dua pilihan yang bisa dilakukan Toyota, yakni pertama mengganti mesin dan model mobilnya. Kemudian yang kedua, adalah memodifikasi mesin supaya bisa sesuai dengan spesifikasi euro 4.

Langkah tersebut, kata Soerjo, contohnya bisa dilakukan pada mobil Toyota Kijang Innova. Mobil bermesin bensin maupun diesel bisa disesuaikan dengan standar emisi global.

"Kami bisa mengatakan Toyota siap karena kami sudah buktikan mengirim mobil untuk ekspor itu dengan standar euro 4, diesel juga kami punya," katanya.

Harga mobil Toyota dengan standar euro 4, dikatakan Soerjo, memang lebih mahal daripada harga mobil yang dijual saat ini. Meski demikian, kenaikan harga tersebut diyakini masih terjangkau oleh konsumen di Indonesia.

"Dari harga kendaraan memang naik, tapi enggak sampai satu persen ya," kata Soerjo. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP