2010, GM Indonesia Datangkan Cruze & Spark

VIVAnews - Dua varian Chevrolet, Cruze dan Spark, bakal menggebrak Indonesia tahun depan. PT General Motors Autoworld Indonesia (GMAI) selaku pemegang merek Chevrolet akan mendatangkan dua varian Chevy tersebut dari Korea Selatan.

Managing Director GMAI Mukiat Sutikno mengaku akan mendatangkan Cruze pada kuartal pertama 2010. Disusul kemudian dengan Spark yang mengambil momen Juni dan Juli 2010. 

"Sebenarnya ada satu model lagi di kelas SUV akan diluncurkan juga tahun depan, tapi masih kami analisa apakah sesuai dengan pasar Indonesia," kata Mukiat di Jakarta, Selasa malam, 15 September 2009. Namun santer terdengar model baru tersebut yakni New Captiva Special Edition.

Saat diluncurkan pertengahan tahun depan, Chevrolet Spark diperkirakan akan mencuri perhatian masyarakat karena penampilan duetnya dengan New Camaro 2010 di film Transformers.

Chevrolet Cruze bakal bersaing ketat dengan kompetitornya, Toyota Altis, di kelas sedan. Sedangkan Spark berusaha menggeser Karimun Estilo, di kelas city car.

Mukiat menjelaskan, Cruze diboyong ke Indonesia sebagai brand builder image. Hal itu dikarenakan segmen pasar Cruze yang sangat kecil, yakni tak sampai satu persen.  

Namun, Mukiat masih enggan menjawab perihal harga jual mobil-mobil tersebut. "Masih dihitung-hitung," katanya. 

Namun, Director Marketing and Public Relation GMAI Debora Amelia Santoso memberi sedikit bocoran bahwa harga jual Cruze tidak akan jauh berbeda dengan Toyota Altis. Harga Altis saat ini sekitar Rp 350 juta per unit.

"Kalau CBU dari Korea masuk ke Indonesia pasti harganya naik sampai 40 persen," ujarnya. 

Amelia juga belum bisa memastikan berapa harga jual Cruze dan Spark karena faktor fluktuasi mata uang. Begitupun dengan kuota impor CBU dari Korea, menunggu penghitungan harga jual. "Kuota bisa diketahui kalau harga sudah pasti," ujarnya. 

Pelanggan setia Chevy dimintanya bersabar menunggu hingga seusai Lebaran. 

Dengan tiga varian baru tersebut, GMAI menargetkan kenaikan penjualan hampir dua kali lipat menjadi sekitar 4 ribu hingga 5 ribu unit pada tahun depan dari penjualan tahun lalu yang sebanyak 2.700 unit.

Pada bulan Agustus 2009, GMAI mencatat penjualan sebanyak 268 unit dari total penjualan hingga Agustus 2009 sebanyak 1.700 unit. "Sebanyak 1.100 unit atau 67 persen berasal dari penjualan Captiva, sisanya 20 persen dari Chevrolet Lova", ujar Mukiat.

hadi.suprapto@vivanews.com

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran
Lokasi kebakaran toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang

Kondisi Toko Frame dan Galeri bernama 'Saudara Frame' di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan saat ini sudah padam usai kebakaran pada Kamis, 18 April 2024. Ada tujuh orang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024