TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Jangan Gosok Busi dengan Ampelas atau Sikat Kawat

Cukup pakai kompresor angin dan sikat gigi biasa.
Jangan Gosok Busi dengan Ampelas atau Sikat Kawat
Gosok busi dengan sikat kawat. (Wenproduct)

VIVA.co.id – Saat menservis kendaraan, tak jarang pemilik menemukan bagian kepala busi berwarna hitam, atau dikenal dengan nama istilah carbon fouling.

Kondisi demikian diakibatkan oleh penumpukan kerak karbon pada ujung elektroda. Efeknya, percikan api pada busi akan berkurang atau hilang sama sekali.

Menghadapi kondisi busi dengan carbon fouling yang menumpuk ada dua cara, mengganti busi dengan yang baru atau membersihkannya, agar kinerja busi bisa kembali seperti semula.

Membersihkan kerak pada busi umumnya dilakukan dengan menggosok dengan ampelas atau sikat kawat. Namun, cara ini ternyata tidak disarankan oleh produsen busi PT NGK Busi Indonesia. 

Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, mengatakan, membersihkan busi baiknya dilakukan menggunakan tekanan angin dan sikat halus.

"Saran saya, paling hanya bersihkan carbon fouling (kotoran hitam) di busi pakai semprotan angin dari kompresor dan sikat gigi biasa. Bukan sikat kawat, dan jangan sampai basah, karena ini kan sudah kena bakar lalu kena air, bisa korosi," ujarnya menjelaskan.

Menggosok dengan ampelas atau sikat kawat bisa mengubah permukaan busi tersebut, sehingga nyala apinya tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. (mus)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP