Pakai Euro 4, Harga Mobil Suzuki Naik

Peluncuran Suzuki Ignis.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Rencana pemerintah mengubah standar emisi gas karbon dari Euro 2 menjadi Euro 4 disambut baik para produsen mobil. Termasuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang mengaku sudah siap dengan peraturan tersebut. Meski, saat ini lini produksi mereka masih berbasis standar Euro 2.

Daftar Harga Mobil LCGC Baru di Indonesia, Gak Ada Lagi yang Murah

Selain kualitas bahan bakar yang perlu ditingkatkan, untuk menjadikan mobil berstandar Euro 4 juga butuh penggantian beberapa komponen, salah satunya catalytic converter. Lantas, apakah hal itu akan memengaruhi harga jual mobil Suzuki?

"Kalau kami bilang, dampak masalah harga itu tidak terlalu signifikan. Bahkan enggak sampai satu persen (untuk mobil Euro 4)," tutur Direktur Pemasaran SIS, Donny Saputra, di Jakarta Selatan.

Ada Kabar Baik untuk Penggemar Isuzu Panther

"Pokoknya, yang buat harga mobil naik itu karena inflasi kenaikan upah setiap tahun, nilai tukar mata uang dan harga komoditas," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengeluarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20/Setjen/Kum.1/3/2017, terkait penetapan standar emisi Euro 4 di Indonesia.

Penerapan Standar Euro 4 untuk Mobil Diesel, Diundur 1 Tahun

Pemberlakuan standar emisi Euro 4 itu berlaku untuk kendaraan bermotor beroda empat tipe baru dan yang sedang diproduksi. Jenis mesin yang masuk dalam aturan tersebut adalah mesin berbahan bakar bensin. Aturan tersebut akan mulai efektif berlaku pada September 2018 mendatang.

Wuling Almaz RS

Daftar Harga Mobil Wuling Januari 2022, Almaz RS Naik Rp38 Juta

Berakhirnya insentif PPnBM 0 persen membuat harga mobil kembali naik, begitu juga dengan Wuling Indonesia yang menaikan beberapa mobilnya hingga Rp38 juta.

img_title
VIVA.co.id
4 Januari 2022