Pemerintah Lagi Siapkan Angkot Listrik 

Angkutan umum melaju di jalur bus Transjakarta di Jakarta Utara.
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sedang menyiapkan angkutan berbasis tenaga listrik. Angkutan listrik itu ditargetkan bisa dinikmati masyarakat pada 2025 mendatang.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Kepala seksi Teknologi Sarana Angkutan Jalan, Subdirektorat Teknologi Sarana Angkutan, Direktorat Sarana Perhubungan Darat, Heri Prabowo mengatakan, kendaraan umum bertenaga listrik akan disediakan secara bertahap.

"Ke depan hanya akan ada 10 persen dari total populasi angkutan umum. Kami ditargetkan 2025 harus tercapai," kata Heri di Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Dishub DKI Akan Sanksi Warga yang Pasang Alat Peraga Kampanye di Angkutan Umum

Heri mengungkapkan, penyediaan angkutan berbasis tenaga listrik oleh pemerintah semata-mata bertujuan untuk mencapai program Indonesia terkait pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen pada 2030. "Banyak yang dilakukan pemerintah terkait pengurangan emisi gas rumah kaca, termasuk di antaranya mendorong pengembangan angkutan listrik," ungkapnya.

Menurut dia, banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk menghadirkan angkutan berbasis listrik itu. Salah satunya pembangunan infrastuktur, saat ini pihaknya bersama pihak terkait masih membahas perihal stasiun pengisian bahan bakarnya. "Yang susah kan infrastuktur, karena kendaraan listrik ini jaraknya pendek, jadi harus dipersiapkan maksimal mungkin," katanya. (hd)

Bisa Nyebrang Pulau dengan Kecepatan 200 Km/Jam, Segini Tarif Taksi Terbang di IKN
[dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

Kenaikan itu dibandingkan periode yang sama saat libur Lebaran Idul Fitri tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024