TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cerita New Daihatsu Ayla Menyusuri Selatan Bandung

Perjalanan pulang pergi menempuh jarak 120 kilometer.
Cerita New Daihatsu Ayla Menyusuri Selatan Bandung
Uji berkendara New Daihatsu Ayla. (VIVA.co.id/Dian Tami Kosasih)

VIVA.co.id – Generasi terbaru dari mobil murah dan ramah lingkungan berkapasitas lima penumpang dari Daihatsu, yakni New Ayla, telah resmi meluncur pada 7 April lalu.

Mobil tersebut hadir dalam dua pilihan mesin, 1.200 cc dan 1.000 cc. Untuk 1.200 cc, mobil ini dilengkapi dengan stabilizer pada bagian depan dan belakang, agar tetap stabil meski melaju dalam kecepatan tinggi. Model 1.000 cc tetap dipertahankan, untuk memberikan pilihan kepada konsumen di Tanah Air.

VIVA.co.id mendapat kesempatan menjajal New Ayla tipe tertinggi, yakni R Deluxe A/T, yang ditawarkan dengan harga Rp146,25 juta untuk wilayah Jawa Barat.

Menggunakan mesin 1.200 cc, perjalan dimulai dari Stasiun Bandung menuju Ciwidey, dan kembali lagi ke Stasiun Bandung. Saat menuju arah Bandung Selatan dengan pemandangan yang asri sepanjang kurang lebih 60 kilometer, perjalanan terasa nyaman berkat adanya sistem hiburan double DIN dan tombol khusus di setir.

Pemasangan stabilizer ternyata adalah langkah yang tepat. Mobil lebih mudah dikendalikan dan minim body roll, tidak seperti generasi sebelumnya. Suara bising dari luar dapat diredam dengan baik, sehingga konsentrasi pengemudi tidak terganggu.

Bentuk yang mungil khas city car membuat pengemudi tidak mengalami kesulitan saat harus melintasi jalanan padat dan mendahului beberapa angkutan umum yang berhenti sembarangan. Saat harus berbelok di tikungan tajam atau memutar ke arah sebaliknya, mobil ini sangat mudah dikendalikan.

Sayangnya, tenaga sebesar 87 daya kuda dan torsi 108 Newton meter yang dihasilkan mesin kurang ideal untuk menghadapi tanjakan Ciwidey. Hal itu mungkin dikarenakan ada empat orang dewasa di dalam mobil dan transmisi yang digunakan berjenis otomatis.

Urusan konsumsi bahan bakar, mesin 1.200 cc yang dipasang membutuhkan bensin sebanyak kurang lebih 12 liter selama perjalanan tersebut. Jarak yang ditempuh kurang lebih 120 kilometer, dengan medan menanjak dan penumpang empat orang. Alhasil, konsumsi BBM yang didapat yakni sekitar 10 kilometer untuk tiap liternya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP