TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Juara Motor Custom Ini Dulunya Berasal dari Kandang Ayam

Yang asli hanya mesinnya.
Juara Motor Custom Ini Dulunya Berasal dari Kandang Ayam
Juara kontes motor custom di Medan. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Juara kontes motor custom Suryanation Motorland yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, sudah diumumkan. Yang menarik, pemenang kelas terbaik alias The Best Region Medan, ternyata berasal dari kandang ayam.

Ya, motor yang berhasil memenangkan lima kelas dan menjadi yang terbaik itu adalah Kawasaki Binter KZ200 lansiran 1982 silam. Motor tersebut dimodifikasi bergaya chopper old school.

“Sudah rongsokan, saya dapat dari bapak-bapak tua. Motornya ada di dalam kandang ayam. Akhirnya motor ini saya beli, hanya menggantikan kandang ayamnya saja. Di bawah Rp3 juta,” ujar sang pemilik, Siar, kepada VIVA.co.id.

Karena kondisi mesin mati total ditambah penuhnya kotoran ayam, pria bertato itu langsung memasang piston dengan ukuran 250 cc serta mengganti beberapa komponen mesinnya. Setelah mesin menyala, barulah proses custom dilakukan.

“Konsep motor ini chopper old school. Yang masih asli hanya mesin saja, karena semuanya sudah custom. Tidak ada sisa, sampai jari-jari pun custom,” jelasnya.

Nah, warna yang digunakan pun tidak sembarangan. Siar terinspirasi memakai warna merah marun saat berkunjung ke kampung halaman orangtuanya di Sidikalang, Medan.

“Bapak saya asli Karo, Medan, dan ibu saya dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Makannya, untuk jok pun saya custom dengan gambar orang lompat batu, seperti ciri khas Nias,” tuturnya.

Sementara, air brush di tangki yang berbentuk sidik jari memang disengaja. Kata dia, awalnya bingung mau dibuat gambar apa. Menurutnya, kalau tangki polos jelek, ya sudah akhirnya pakai sidik jari jempol tangannya.

“Saya juga sengaja menaburkan glitter ke semua bodi, tangki dan frrangka, untuk menegaskan kesan old shool. Sebab, eranya motor old school pada zaman dulu itu bling-bling,” katanya.

Data modifikasi

Mesin: Kawasaki Binter

Tangki: Custom

Velg depan: 21 inci custom 

Velg belakang: 16 inci custom

Ban depan: Dunlop 180

Ban belakang: Dunlop 500

Jari-jari: 18 pieces custom

Rangka: Custom 

Suspensi depan: Custom 

Setang: Custom 

Lengan ayun: Custom 

Jok: Custom kulit

Cat: Etnis Karo

Bengkel: Victory Project

(ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP