TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ketika Motor Rongsokan Tua Jadi Scrambler, Ini Ubahannya

Motor ini awalnya datang bukan dalam keadaan utuh.
Ketika Motor Rongsokan Tua Jadi Scrambler, Ini Ubahannya
Yamaha XS-650 bergaya Scrambler. (VIVA.co.id/Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Bagi seorang kolektor motor antik, kondisi dan harga nampaknya bukan menjadi masalah untuk memiliki jenis motor yang diinginkan. Seperti halnya Lutfi Ardika, yang rela memboyong Yamaha XS-650 lansiran 1978 ini dari Jepang.

“Tidak ada di Indonesia, saya dapat dari Jepang dan bukan dalam keadaan utuh. Saya kumpulkan part original-nya satu per satu seperti membangun puzzle,” ujar pengusaha asal Bandung itu saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 25 April 2017.

Meski begitu, Lutfi tetap mengubah jati diri XS-650 ini menjadi Scrambler. Ia pun memberi nama motor antik tersebut “Karmila”. Kata dia, Karmila merupakan nama perusahaan ekspedisi milik keluarga di bidang air mineral kemasan.

“Hampir semua koleksi custom bike saya bernama perusahaan. Sedangkan warna soft gold biar ada sisi kalem dari sangarnya mesin XS-650. Masalah painting saya percayakan pada Yudit dari Flying Fast Bandung,” kata Lutfi.

Sementara untuk melakukan proses custom dirinya mempercayakan Yudhi Satria, builder dari bengkel Ape Custom di  Cirebon, Jawa Barat. Untuk pengerjaan motor ini, memakan waktu sekira empat sampai lima bulan.

“Yang original dari motor ini secara garis besar masih dipertahankan seperti mesin, meski sasis dan tangki ada sedikit ubahan. Sisanya kita menggunakan part dari motor lain dan ada beberapa custom, contoh spakboar dari material duralium bukan pelat besi dengan finishing raw,” lanjut Lutfi.

Berikut data modifikasinya:

Mesin: Yamaha XS-650

Sasis: Yamaha XS-650

Pelek depan: TK Bright 18x3.00

Pelek belakang: TK Bright 17x3.50

Ban depan: Shinko E705 18/120

Ban belakang: Shinko E705 17/150

Suspensi depan: Ducati 848

Suspensi belakang: Ohlins

Tangki: Yamaha XS-650 Custom

Spakboard depan/belakang: Custom Durallium

Jok: Custom MB-tech

Knalpot: Custom

Setang: Custom 

Lampu: Brock

Painting: Flying fast

Bengkel: Ape Custom.

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP