TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Sewa Sepeda 20 Menit, Pria Ini Ditagih Rp800 Juta

Tarif resminya hanya Rp1.000 per 30 menit.
Sewa Sepeda 20 Menit, Pria Ini Ditagih Rp800 Juta
Jasa penyewaan sepeda di China. (Shanghaiist)

VIVA.co.id – Kondisi lalu lintas yang semakin padat membuat penduduk China beramai-ramai beralih ke transportasi sepeda kayuh untuk beraktivitas sehari-hari. Selain lebih cepat tiba di lokasi tujuan, sepeda juga tidak menghasilkan emisi karbon, sehingga sangat ramah lingkungan.

Apalagi, saat ini di Negeri Bambu tersebut telah tersedia jasa berbagai sepeda (bike sharing). Alhasil, warga tidak perlu membeli sepeda, cukup menyewa saja. Caranya juga cukup mudah, yakni dengan mendaftar melalui aplikasi khusus yang tersedia di smartphone.

Sayangnya, baru-baru ini salah satu warga mendapat sial setelah menggunakan aplikasi tersebut. Dilansir dari Shanghaiist, Selasa, 25 April 2017, pria bermarga Shi kaget setengah mati saat ditagih 414.500 Yuan, atau setara dengan Rp800 juta, usai menyewa sepeda selama 20 menit.

Peristiwa bermula ketika Shi hendak berkeliling kota usai makan malam. Ia kemudian mengunduh aplikasi penyewaan sepeda dan menghubungkan aplikasi tersebut ke rekening pribadinya. Tak lupa ia membayar uang deposit untuk bisa menyewa sepeda.

Shi merasa bahagia, karena tarif yang tertera di aplikasi yakni 0,5 Yuan (Rp1.000) untuk sewa selama 30 menit. Ia kemudian berkeliling selama 20 menit.

Namun, alangkah kagetnya Shi saat ia mengembalikan sepeda ke tempatnya dan membuka aplikasi untuk mengetahui berapa tagihannya. Menurut aplikasi, Shi telah menggunakan sepeda selama lebih dari 48 jam dan membakar kalori sebanyak lebih dari 18 juta kalori. Padahal, jarak yang ia tempuh hanya 0,01 kilometer.

Khawatir uang di rekeningnya terkuras habis, Shi kemudian menghubungi pihak penyedia aplikasi. Operator yang menerima menjelaskan bahwa Shi bukan orang pertama yang mendapat masalah hari itu. Rupanya, ada gangguan pada penghitungan aplikasi, sehingga beberapa penyewa ditagih biaya yang tidak seharusnya.

Kini, Shi dapat berlega hati karena tidak perlu membayar ratusan ribu Yuan. Ia juga mendapat kompensasi berupa pengembalian biaya penggunaan sebesar dua kali lipat, yakni satu Yuan. (ase)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP