Jokowi Bangga Industri Otomotif Indonesia Lari Kencang

Presiden Jokowi meresmikan pabrik PT Mitsubishi Motors di Cikarang Jawa Barat, 25 April 2017. BPS merilis, mayoritas perusahaan masih ada di Pulau Jawa.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA.co.id – Mitsubishi akhirnya meresmikan pabrik pertama di Indonesia. Mobil yang akan diproduksi lokal di fasilitas tersebut antara lain, Pajero Sport dan mobil keluarga XM Concept dan bakal meluncur tak lama lagi. Peresmian pabrik Mitsubishi di Indonesia itu juga turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Siap-siap Dapat Kejutan saat Beli Mobil Mitsubishi

Menurut Jokowi, pasar otomotif Indonesia saat ini terus berkembang bak mobil yang tengah berlari kencang. Salah satu buktinya ialah mulai dipilihnya Indonesia sebagai tempat berinvestasi, yakni seperti pembuatan pabrik yang dilakukan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

"Indonesia sekarang makin kompetitif untuk industri otomotif, seperti tadi disampaikan Carlos Ghosn (CEO Nissan dan Renault) bahwa pertumbuhan industri otomotif di Indonesia itu rata-rata 10 persen lebih," ujar Jokowi di Cikarang, Bekasi, Selasa 25 April 2017. 

Mitsubishi Minicab MiEV Diuji Coba 4 Perusahaan Indonesia

Artinya, kata Jokowi, dengan pasar yang besar dan terus bertumbuh, akan banyak lagi perusahaan otomotif yang berinvestasi di Indonesia. "Dan dengan semakin banyaknya investasi, semakin banyak lapangan kerja. Karena itu, kita juga harus pastikan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia bisa penuhi kebutuhan industri yang melakukan investasi di Indonesia," kata Jokowi.

Sementara itu, President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, mengatakan, adanya jejak manufaktur di Indonesia dilakukan agar mobil produksi Mitsubishi bisa bersaing di Tanah Air, khususnya dari sisi biaya. 

Spesifikasi Mitsubishi Eclipse Cross yang Setop Dijual di Indonesia

"Kami akan melokalisasi Pajero Sport dan memproduksi MPV baru di sini yang dari awal memiliki kandungan lokal 65 persen," tutur Masuko.

Masuko mengatakan, Mitsubishi yakin bahwa masih banyak orang Indonesia yang kepincut ingin membeli kendaraan. "Meskipun pertumbuhan kendaraan di Indonesia masih kurang dari satu untuk setiap 10 rumah tangga. Namun, pasar otomotif masih memiliki ruang luas untuk berkembang," kata dia.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, mobil Mitsubishi buatan Cikarang juga akan menjadi produk ekspor. Dari total kapasitas produksi 160 ribu unit mobil per tahun, Mitsubishi mencanangkan produksi small MPV mencapai 80 ribu unit. Dari jumlah tersebut, 60 ribu unit untuk pasar domestik dan 20 ribu pasar ekspor.

Sekadar diketahui, pabrik Mitsubishi dibangun di atas lahan seluas 50 hektare di kawasan industri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 160 ribu kendaraan per tahun dan mobil yang akan diproduksi antara lain, Pajero Sport, Colt, dan MPV XM Concept. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya