Penyebab Rem Motor Keras dan Prakiraan Ongkos Perbaikan

Rem motor.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA.co.id – Rem merupakan peranti penting pada setiap kendaraan, termasuk sepeda motor. Fungsinya mengurangi kecepatan. Agar performanya optimal, tentu diibutuhkan perawatan secara berkala.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Menurut Penggawa bengkel Rintis Sekawan Motor, Wawan, salah satu masalah rem pada sepeda motor adalah kerasnya rem bagian depan alias sulit dicengkeram. Biasanya kasus ini disebabkan dari seal master rem berkarat maupun karet seal yang sudah mulai longgar.

"Kalau berkarat, jadi sistem pengereman agak seret, makanya jadi keras. Bisa juga kabel rem mulai berkarat," kata Wawan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 26 April 2017.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Bila motor yang masih menggunakan rem tromol, rem keras juga disebabkan tuas macet akibat kanvas tromol yang mulai korosi. "Kalau sistem pengeremannya masih menggunakan tromol, solusinya coba dibersihkan dahulu tuas pada pada rem kanvasnya, biasanya macet di situ, lalu kalau kabelnya yang macet, ya mau enggak mau harus ganti khusus motor matik," ujarnya menambahkan.

Untuk motor yang menggunakan rem cakram, agar rem tidak keras caranya membersihkan seal master rem lapisan atas lalu diberi pelumas. Bila seal masternya sudah tidak laik pakai, disarankan untuk diganti. "Dan karet piston bagian bawah dibersihkan juga supaya tidak ada kotoran yang menyumbat gerak piston," ujarnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Disarankan para pengendara untuk membawa tunggangan ke bengkel untuk dideteksi lebih lanjut. Adapun ongkos perbaikan rem motor bagian depan keras sekira Rp85 ribu. "Belum termasuk biaya komponen yang harus diganti," katanya singkat. (hd)

Service Motor

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan sepele mereka dapat membuat motor boros bensin.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024