Usia Busi Ternyata Dipengaruhi Bahan Bakar, Wajib RON 90

Produk Hella untuk sepeda motor
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Busi merupakan komponen penting bagi kendaraan, tak terkecuali sepeda motor. Komponen ini memiliki peran dalam sistem pengapian, yakni pemantik yang akan membuat campuran bensin dan udara terbakar, sehingga menghasilkan energi guna mendorong piston.

Tanpa Disadari Kebiasaan Sepele Ini Bikin Motormu Rusak

Begitu vitalnya peran busi ini tentu menjadi hal yang wajib untuk selalu dibersihkan guna menjaga performa motor tetap prima. Selain membersihkan, beberapa hal lain ternyata juga memengaruhi usia pemakaian busi. Salah satunya pemilihan bahan bakar.

Hal itu diungkapkan oleh Sales Manager Hella Divisi Roda Dua, Bengbeng di Jakarta Pusat. "Agar busi itu awet, yang harus sangat diperhatikan penggunaan bahan bakar yang sesuai. Minimal penggunaannya itu RON 90," kata Bengbeng, Rabu 26 April 2017.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Selain itu, ia menyarankan bagi para pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan penggantian busi setelah menempuh 20 ribu kilometer atau sekitar tiga bulan masa penggunaan.

"Saat servis juga harus diperhatikan benar soal busi, karena memang busi sangat berperan penting untuk motor," katanya. (art)

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022