Mesin Mobil Kok Cepat Panas, Apa yang Bermasalah?

Mesin overheat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ottodasbor.com

VIVA.co.id – Beberapa kasus mesin mobil tiba-tiba panas atau overheat masih sering ditemui di jalanan macet Jakarta. Lantas, apa penyebab dari suhu panas yang tiba-tiba melonjak?

Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

Koordinator eksekutif layanan teknis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosadi, mengungkapkan penyebab overheat beragam. Tetapi yang paling sering terjadi karena pendinginan di ruang mesin tidak bekerja optimal.

"Bisa karena cairannya tidak memadai, ada kebocoran atau sumbatan pada bagian radiator mobil itu yang paling sering. Bisa juga karena sensor temperatur yang tidak bekerja maksimal," kata Anjar, Rabu 26 April 2017.

Bahan Bakar dan Oli Bisa Bikin Mesin Mobil Overheat

Sementara itu, Rusdi Sopandi, pemilik bengkel mobil Fendryss Motor di Jakarta Timur mengatakan, overheat memang terjadi secara mendadak. Namun saat mengalami kondisi ini, pengemudi tidak perlu panik dan jangan memaksakan untuk terus melaju.

Cukup posisikan mobil di tempat aman, matikan mesin lalu buka kap mesin dengan hati-hati. "Kejadian seperti itu biasanya tiba-tiba sekali pas di jalan atau lagi posisi diam kendaraan. Mengatasinya, matikan mesin dan tunggu hingga dingin lalu check penyebab overheat," kata Rusdi.

Ini yang Terjadi jika Air Radiator Motor Habis

"Penyebab radiator overheat, itu bisa karena air radiator berkurang atau bocor, water pump tidak berputar maksimal, motor fan mati atau rusak, radiator mampet atau korosi, dan thermostat air radiator rusak atau tidak berkerja," kata lanjut dia. (ren)

Ilustrasi mobil polisi.

Terpopuler: Narkoba Berhamburan dari Mobil Polisi, Bahaya Nyetir Pakai Jeans Ketat

Berita yang membahas mengenai narkoba berhamburan dari mobil polisi dan bahaya nyetir pakai jeans ketat, banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024