Kenali Gejala Busi Motor Sudah Minta Diganti

Busi kendaraan bermotor.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id - Fungsi busi pada sebuah kendaraan sangatlah vital, termasuk pada sepeda motor. Komponen ini memiliki peran dalam sistem pengapian, yakni pemantik yang akan membuat campuran bensin serta udara terbakar, sehingga menghasilkan energi untuk mendorong piston.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Terbukti, apabila mesin mogok atau pun mengalami kendala, bagian busi tak pernah luput ikut dicek untuk memastikan apakah sektor pengapian tetap prima.

Meski demikian busi juga kerap mengalami masalah, di antaranya kotoran yang menumpuk hingga membuat pembakaran menjadi tak maksimal dan usia masa pakai yang telah habis. Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti busi?

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Ciri-ciri busi bermasalah itu motor sering berebet, kurang bertenaga, susah hidup meskipun dalam keadaan mesin panas," kata Sales Manager Hella divisi Roda Dua, Bengbeng, di Jakarta Pusat.

Selain itu, ia menegaskan, pemilik kendaraan biasanya melakukan penggantian busi setelah menempuh 20 ribu kilometer atau sekira tiga bulan masa penggunaan. "Pergantian berkala kalau di tempat kami itu biasanya 20 ribu (km) atau sekira tiga bulanan. Saat servis juga harus diperhatikan benar soal busi, karena memang busi sangat berperan penting untuk motor," ujarnya. (ren)

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022