Ciri-ciri Mobil Alami Overheat

Mesin overheat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ottodasbor.com

VIVA.co.id – Saat mengalami kondisi mesin overheat, biasanya pengemudi mendapat petunjuk dari instrument cluster. Jarum penunjuk temperatur mobil akan berada di posisi huruf 'H' (Hot) saat suhu mobil melewati batas.

Tips Mencegah Ponsel Overheating Saat Mengemudi

Menurut Koordinator Eksekutif Layanan Teknis PT Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, pada mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan instrument cluster digital, maka akan ada petunjuk kedipan. "Kedip itu indikator kasih tanda temperatur mesinnya mulai naik. Nah, kalau sudah makin panas, maka akan menyala terus," tutur Anjar, di Jakarta.

Anjar mengatakan, ciri-ciri lain mobil overheat adalah air conditioner (AC) tidak sedingin saat kondisi mesin normal. Pada mobil-mobil baru, dikatakan Anjar, sudah mengadopsi teknologi canggih yang memungkinkan membaca suhu mesin mobil.

Bahan Bakar dan Oli Bisa Bikin Mesin Mobil Overheat

Sistem komputer pada mobil akan menahan kerja mesin secara otomatis saat suhunya naik. Sehingga, kata Anjar, pengemudi tidak bisa lagi menggeber kendaraannya seperti dalam kondisi normal.

"Itu bisa dikontrol otomatis. Jadi mesin enggak akan bisa bekerja maksimal, kecepatan mobil dibatasi maksimal 60 kilometer per jam dengan putaran mesin tertentu. Tentunya ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah," kata Anjar. (hd)

Ini yang Terjadi jika Air Radiator Motor Habis
Ilustrasi mobil polisi.

Terpopuler: Narkoba Berhamburan dari Mobil Polisi, Bahaya Nyetir Pakai Jeans Ketat

Berita yang membahas mengenai narkoba berhamburan dari mobil polisi dan bahaya nyetir pakai jeans ketat, banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024