Mobil-mobil Toyota yang Gunakan Komponen Lokal

Logo Toyota.
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id – Industri otomotif nasional saat ini terus digenjot perihal penggunaan komponen lokal dalam setiap lini produksinya. Hal ini juga menjadi perhatian PT Toyota Astra Motor (TAM).

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan pihaknya melalui C&A Planning and Design Department sebenarnya sejak 2006 silam telah mengembangkan penggunaan komponen lokal.

Seiring waktu, departemen yang berada di bawah Product Planning & Development berhasil mengembangkan sejumlah kendaraan show model seperti Agya Kojo, Yaris Heykers, Yaris Legian dan Veloz Tigre.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

"TAM bersyukur dapat persetujuan Toyota Motor Corporation menjadikan Yaris Heykers sebagai salah satu line up di Indonesia dan diterima baik menyusul kontribusinya sekitar 50 persen dari total penjualan Yaris," kata Soerjo di JIexpo Kemayoran Jakarta, Sabtu 29 April 2017.

Dia menambahkan, sejak 2006 itulah perusahaannya mengembangkan desain komponen lokal dengan desain pertama yaitu front grille ornament untuk Vios. Hingga kini pengembangan itu terus dilakukan dengan produk yang telah dipasarkan seperti Agya, Etios, Rush, Avanza, Sienta, Innova dan Fortuner.

3 Kendaraan Hino Dapat Sertifikat TKDN

"Agya TRD yang baru meluncur beberapa waktu lalu salah satu karya putra dan putri bangsa," ujarnya.

Di tempat yang sama, Chief Designer TAM Donny Adhi Yuwono mengatakan sampai saat ini sudah sekitar 2.600 komponen lokal yang sudah berhasil didesain dan diproduksi pabrikannya. "Hal itu demi meningkatkan total ownership benefit bagi pelanggan Toyota," tuturnya.

Komponen lokal antara lain digunakan pada line up Avanza Luxury, Yaris TRD Sportivo, Innova Luxury, NAV-1 Grade, Rush TRD Sportivo, Sienta Q Grade, Agya TRD Sport, Yaris TRD Sportivo, Vios dan Etios Tom's.

"Semua line up itu memberi kontribusi signifikan kepada penjualan di masing-masing segmen," ujarnya.

Kata dia, sejumlah komponen yang dikembangkan TAM berhasil diekspor ke beberapa negara. "Yaitu untuk produk Innova, Fortuner, Agya dan Yaris," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya