TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Bisakah Mobil Porsche Dipakai untuk Menderek Airbus A380?

Mobil yang digunakan yakni Porsche Cayenne Diesel.
Bisakah Mobil Porsche Dipakai untuk Menderek Airbus A380?
Porsche Cayenne dipakai untuk menderek Airbus A380. (Vimeo)

VIVA.co.id – Pabrikan mobil sport ramai-ramai mengincar segmen sport utility vehicle atau SUV. Hal ini tidak mengherankan mengingat pasar SUV di dunia cukup besar porsinya.

Merek-merek mobil seperi Porsche, BMW, Mercedes-Benz, Bentley, dan Jaguar berlomba-lomba menghadirkan SUV yang tidak hanya tangguh, namun juga nyaman dan mewah untuk dikendarai.

Contohnya Porsche Cayenne, SUV andalan merek asal Jerman yang pertama kali hadir pada 2003 silam. Meski mengusung bentuk yang tinggi dan gagah, namun Porsche menyematkan aneka fitur canggih yang biasa ada pada mobil mewah pada tipe tersebut.

Soal kemampuan jangan ditanya. Cayenne S bermesin diesel delapan silinder 4.100 cc memiliki torsi sebesar 850 Newton meter. Torsi sebesar itu bahkan mampu digunakan untuk menderek pesawat Airbus A380 berbobot 285 ton.

Dilansir dari Motor1, Selasa 2 Mei 2017, upaya menderek pesawat dengan menggunakan mobil pribadi awalnya dilakukan Volkswagen dengan Touareg bermesin 10 silinder. Mobil SUV tersebut menarik Boeing 747 dengan berat 155 ton. Aksi itu langsung tercatat dalam buku rekor dunia.

Beberapa tahun kemudian, Nissan berhasil mengalahkan VW dengan SUV Nissan Patrol, yang dipakai untuk menarik pesawat kargo Ilyushin II-76 berbobot 170 ton. Dan kini, VW coba mengambil kembali gelar tersebut dengan Porsche sebagai anak perusahaan mereka.

Cayenne yang digunakan adalah versi standar. Modifikasi hanya dilakukan pada bagian penarik, agar dapat dihubungkan dengan batang besi khusus untuk menarik pesawat.

Mau tahu hasilnya? Simak videonya di bawah atau klik tautan ini:

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP