Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Nyalakan AC Mobil

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA.co.id – Menurunkan suhu panas di kabin mobil bisa dilakukan dengan cara menyalakan air conditioner (AC). Angin dingin yang keluar dari ventilasi AC, akan menyebar dan membuat suhu kabin menjadi lebih adem.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pemilik mobil biasanya menyalakan AC dengan kondisi dingin minimal, kemudian ditingkatkan setelah mobil berjalan. Kebiasaan ini, menurut Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars --jaringan servis AC Denso di Tangerang-- merupakan tindakan yang salah.

"Kalau dari minimal cool akan berefek penggunaan bensin makin boros. Pendinginan kabin jadi terlalu lama dan AC-nya jadi on terus," kata Susanto kepada VIVA.co.id, Selasa 2 Mei 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menyalakan AC mobil, dikatakan Susanto, sebaiknya dilakukan dengan langsung memutar ke suhu dingin maksimal. Setelah kabin terasa lebih adem, baru kemudian dikurangi dingin dan penggunaan fan AC-nya. Hal inilah yang banyak tak diketahui para pemilik mobil di Tanah Air.

"Agar seluruh ruangan mobil cepat dinginnya langsung ke maksimal. Nah, kalau sudah dingin, perlahan-lahan dinaikkan. Ini bertujuan agar kerja sistem AC tidak terlalu lama dan penggunaan BBM juga lebih efisien," kata Susanto.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022