Teknologi Baru, Mobil Tanpa Spion Bakal Populer

BMW konsep tanpa spion.
Sumber :
  • Business Insider

VIVA.co.id – Pabrikan mobil asal Jerman, BMW, rupanya tengah merancang mobil tanpa spion. Mereka ingin mengganti spion dengan pemantauan kamera terhadap sejumlah mobilnya selama beberapa tahun ke depan. Sejauh ini, BMW tanpa spion sudah diterima di Jepang dan bakal segera diproduksi secara massal. Sementara mobil-mobil BMW tanpa spion juga akan dijual menyusul di Eropa.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Mobil tanpa spion sebenarnya sudah dipamerkan di ajang Consumer Electronic Show (CES), Januari lalu. Namun tak sebatas konsep, karena teknologi tersebut akan benar-benar diwujudkan BMW dan dianggap bakal menjadi populer ke depan.

Seperti dilansir Business Insider, Selasa 2 Mei 2017, sistem pemantauan ini pada dasarnya menggunakan kamera untuk melakukan streaming video beresolusi tinggi ke layar di dalam kendaraan. Misalnya seperti pada mobil konsep BMW i8 yang diletakkan kamera pada tiap sisi mobil. Kamera-kamera ini nantinya akan menangkap cuplikan di sekitar sisi-sisi mobil.

Parkir Mobil BMW Ini Bikin Orang Jengkel Hingga Telat Jalan Kerja

Kamera juga terdapat pada jendela belakang, tugasnya sama, menangkap gambar apa pun yang ada di belakang mobil. Nantinya akan ada perangkat lunak di dalam kendaraan yang kemudian “menjahit” semua cuplikan video untuk menggambarkan pemandangan yang luas di sekitar mobil. 

Langkah ini dianggap BMW serta beberapa produsen mobil lainnya yang ingin mengadopsi. Karena kamera dapat memberikan pandangan yang lebih luas kepada pengemudi, dan membantu menghilangkan titik-titik buta (blind spot). Selain itu, kaca spion yang digusur juga dapat membantu mobil menjadi lebih aerodinamis. (one)

Mobil BMW Tabrak 4 Motor di Cisarua, 6 Orang Luka-Luka
Kaca spion

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Kadang timbul masalah yakni dengan adanya bercak putih, yang berasal dari bekas air hujan kerap menjadi masalah di kaca spion

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2022