Asal-asalan Mencuci Mobil, Ini Akibatnya

Karat pada bodi mobil.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Meski sudah dilapisi dengan cat, namun bodi mobil tak luput dari korosi. Hal ini dikarenakan ada beberapa bagian bodi yang tidak terlindungi sepenuhnya oleh cat, seperti bagian dalam pintu mobil.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Manajer Pemasaran Protera Protection, Hendrik Susilo, faktor penyebab korosi itu bermacam-macam, mulai dari lingkungan, cuaca hingga kebersihan mobil itu sendiri.

“Kalau kita tinggal di daerah Jakarta Utara seperti Pluit, Sunter dan sekitarnya, dia (daerah) punya udara lengket sekali. Itu yang membuat pemicu karat, pun dengan airnya,” ujarnya di JlExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 3 Mei 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurutnya, munculnya karat tidak bisa diduga. Ia memberi contoh, ada mobil yang baru dipakai satu tahun sudah berkarat. “Karena, kita enggak akan pernah tahu kapan karat itu bisa muncul. Ditambah dengan iklim yang tidak menentu,” jelasnya.

Kata dia, air hujan itu cukup sensitif dengan komponen pelat atau besi, sehingga karat cepat timbul.  

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Selain itu, cara mencuci mobil yang tidak tepat juga bisa memicu timbulnya karat pada bodi. Air yang tidak dikeringkan atau busa yang tidak dibilas bersih juga menjadi sumber rusaknya bodi kendaraan. (one)

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022