TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Heboh Kabar Motor Meledak karena HP di Jok, Fakta atau Hoax?

Kabar ini terus dibahas para warganet di Tanah Air.
Heboh Kabar Motor Meledak karena HP di Jok, Fakta atau Hoax?
Heboh kabar motor meledak gara-gara simpan HP di bawah jok. (Instagram)

VIVA.co.id – Media sosial di Tanah Air kini tengah ramai membahas sebuah pesan berantai yang banyak dibagikan soal adanya sebuah motor meledak akibat menyimpan telepon seluler di bawah jok. Kabar ini tentu menjadi perhatian ramai khalayak, karena memang jok merupakan salah satu kompartemen solusi bagi para pengendara motor menyimpan berbagai barang bawaan seperti HP agar terbebas dari terpaan hujan.

Dalam pesan berantai itu, disebutkan lokasi kecelakaan terjadi di wilayah Purwosari, Laweyan, Solo, Jawa Tengah. Ada pula broadcast yang menyebut kecelakaan juga terjadi di Purwosari, Jawa Timur. Motor sendiri meledak setelah HP berdering, dan motor tiba-tiba meledak. Atas hal ini, polisi menyebut kabar tersebut hoax.

Menurut Aiptu Supono, petugas piket Polsek Laweyan, Solo, Jawa Tengah, pihaknya memang telah menerima kabar tersebut dan langsung ditindaklanjuti. Hasilnya, nihil, baik di dua lokasi "Tidak ada kejadian itu, kami sudah terima dan lacak broadcast tersebut, Humas Polsek Laweyan Aiptu Heriyanto juga menyebut itu hoax dan meminta masyarakat tidak mempercayainya. Ada memang kasus Vario kemarin, tapi itu beda lagi," kata Aitpu Supono kepada VIVA.co.id, Rabu 3 Mei 2017.

Kepolisian berharap masyarakat untuk tidak ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar. Lebih baik, kata dia, masyarakat terlebih dahulu meminta konfirmasi ke pihak terkait daripada harus ikut menyebarkan berita hoax

Banyak kejanggalan

Ada dua foto yang digunakan penyebar hoax seputar bahaya menyimpan telepon seluler di bawah jok. Dalam penelusuran VIVA.co.id, foto pertama yakni adanya motor Yamaha Mio berkelir biru muda terbakar di bagian joknya yang meleleh. Foto itu dipakai untuk menguatkan pesan yang ingin disampaikan kepada penyebar hoax.

Tetapi ada keganjilan, yakni pelat nomor yang digunakan, yakni AGF 5446. Nampak sekali kalau itu bukan motor di Indonesia. "Kami juga bingung itu pelat nomor mana, tidak ada itu. Kami memang sempat ngecek kejadiannya, sekali lagi ditegaskan itu tidak benar," kata Aiptu Supono menambahkan.

Keganjilan kedua, ada pada foto broadcast lainnya, di mana menggunakan gambar sejumlah orang yang terkapar di jalanan dengan motor-motor di sisinya. Dari hasil penelusuran, ternyata foto tersebut merupakan kecelakaan yang terjadi di kawasan Bojonegoro, Jawa Timur, Mei 2017 lalu, melibatkan sebuah motor CBR150R dan Honda Vario 150.

Berikut isi pesan berantainya:

WARNING...!!! Jangan simpan HP dibawah jok motor Anda. Berbahaya bisa meledak ini terjadi kemarin di depan Bakso Purwosari. Saat telepon berdering tiba-tiba spd motor meledak untuk tidak ada korban. Di sekitar bawah jok ada aki dan tangki bensin.

Mohon perhatiannya, mulai sekarang waspada dan utamakan keselamatan. Keselamatan untuk diri sendiri maupun orang lain dan lingkungan disekitar kita. Keep Safety...

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP