Prediksi Toyota Meleset, Calya Belum Bisa Geser Avanza

Toyota All New Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemimpin pasar roda empat asal Jepang di Tanah Air mengaku bila penjualan tahun ini mengalami penurunan. Banyak faktor terjadi, salah satunya masih terdapatnya unit-unit tahun 2016 di sejumlah diler.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pada periode awal 2017, penurunan terjadi sebanyak empat persen dalam hal penjualan secara ritel. Pihaknya padahal optimistis dengan produksi, namun pasar berkehendak lain.

"Penyebabnya karena masih ada mobil tahun produksi 2016 yang tersisa, tadi saya muter-muter tanya ke sales masih ditawarkan," ujarnya di Indonesia International Motor Show (IIMS), JlExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 3 Mei 2017.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Penyebab lainnya, kata dia, datang dari perusahaan pembiayaan yang kini lebih selektif agar terhindar dari kredit macet (nonperforming finance/NPF). Apalagi NPL kini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Toyota compare terhadap pemerintah, yang punya asumsi terhadap makro ekonomi masih optimis. Jadi Toyota beranggapnya kalau market sama dengan tahun lalu itu sudah sangat bagus," sambungnya.

"Jadi apabila market penjualan bisa sama seperti tahun lalu, ya sudah bagus. Total market ritel tahun lalu 1.072 unit, berarti rata-rata sekarang retailsales 84 ribu per bulan, wholesales 94 ribu per bulannya," katanya.

Top Otomotif: Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander 2023, Mercedes-Benz Recall 1 Mobil Saja

Dibeberkan, angka ritel memang turun empat persen, sementara wholesales naik enam persen. TAM mencatat ada penurunan hingga 3.000 unit jika diakumulasikan. Jika ini terus berlangsung, tak akan terkejar penjualan seperti tahun sebelumnya.

"Avanza sekitar 8.000 unit sebulan, Calya yang tadinya kita prediksi bisa menggantikan Avanza ternyata cuma sekitar 6.000 unit sampai 7.000 unit. Kalau Agya sekitar 4.000 unit, hampir sama dengan Kijang Innova," tuturnya.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Ban serep, juga dikenal sebagai ban cadangan atau ban pengganti yang sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting untuk keadaan darurat seperti saat ban utama mengalami k

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024