Tips Merawat Knalpot Racing Biar Tetap 'Ngacir'

Knalpot racing untuk motor sport.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Bagi para pecinta kecepatan di jalan raya, mengganti knalpot aftermarket full system sepertinya sudah menjadi keharusan. Hal ini karena knalpot racing dianggap mampu mendongkrak
performa sepeda motor saat dikendarai.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Sama seperti komponen lainnya, knalpot racing juga membutuhkan perlakuan khusus dari para penggunanya. Teknisi Knalpot Abenk, Ari Nursidik mengungkapkan pengguna motor sering membersihkan lapisan knalpot racing. Apalagi saat musim penghujan.

“Sering dilap kalau kena hujan, karena zat asam hujan itu bisa menyebabkan korosi kalau airnya enggak cepat dilap, dibersihkan,” kata Ari kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 4 Mei 2017.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain itu, perawatan knalpot racing juga lebih ditekankan pada perangkat peredam atau yang biasa disebut glasswool. Tak ada waktu tertentu untuk penggantian pergantian glasswool itu, namun bisa
dideteksi jika suara knalpot mulai tidak nyaring.

Glasswool harus sering dicek sih, kalau knalpotnya sudah enggak ada suaranya ya harus diganti. Motor 2-tak diganti tiap tiga bulanan, 4-tak ya ganti tiap empat sampai enam bulanan,” katanya.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Dia mengungkapkan penggantian glasswool pada knalpot racing motor dua langkah lebih sering harus dicek dan diganti. Karena karena kerjapembakaran menggunakan tambahan pelumas, sehingga tidak membakar peredam. Namun jika terlalu banyak kena pelumas pada ruang knalpot,
akhirnya membuat tersumbat saringan peredam dan peredam tidak bekerja maksimal.

“Untuk dua tak ya harus lebih sering ganti soalnya dia basah kena oli efeknya ke performa kurang, suaranya kurang garing kalau sudah basah. Ganti glasswool tergantung merek dan bahan, paling mahal kurang lebih Rp50ribu,” katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022