Teknik Ngerem Motor Skutik yang Benar Versi Polisi

Rem motor.
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA.co.id – Sepeda motor jenis skuter matik saat ini mendominasi penggunaan motor di Indonesia. Alasannya, motor matik memberi kemudahan dibanding motor konvensional. Kemudahan yang didapat adalah terkait transmisi, yang cukup mengulir tuas gas dan menarik rem dengan tangan.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun selama ini masih banyak pengguna motor matik kerap melakukan hal yang keliru terutama dalam hal pengereman. Hal itu diungkapkan pelatih safety riding dan safety driving dari Ditlantas Polda Metro Jaya, Aiptu Bambang Margono

"Banyak pemotor matik yang kurang paham saat ngerem. Padahal salah ngerem bahaya, bisa jatuh tergelincir," kata Bambang saat ditemui VIVA.co.id di Senayan.

Motor Ada Suara Berdecit? Segera Cek Bagian-bagian Ini

Dia mengatakan teknik pengereman motor matik yang benar dalam kondisi darurat adalah, posisi jari pada tuas rem harus diperhatikan. Untuk rem belakang menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan tengah.

"Untuk rem depan harus pakai empat jari biar smooth, kalau dua jari di tuas rem lalu jari manis dan kelingking di tuas gas bakal terperosok. Bakal lari motornya," ujarnya.

Penting Banget Nih Cara-cara Merawat Rem Cakram Motor Agar Awet

Dia mengatakan saat ini, pengguna motor matik kurang memahami dalam hal teknik pengereman. Dari segi safety riding hal tersebut harus menjadi perhatian khusus. "Untuk membiasakan teknik pengereman yang benar, paling dibutuhkan waktu kurang lebih 10 hari," katanya.

Service Motor

5 Hal Sepele yang Bikin Sepeda Motor Boros Bensin

Sayangnya, banyak orang tidak sadar bahwa kebiasaan sepele mereka dapat membuat motor boros bensin.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024