Deretan Mobil Baru Siap Pamer di GIIAS Makassar

Ilustrasi pameran mobil baru.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017 bakal dimulai, Rabu 10 Mei 2017. Makassar jadi kota pertama yang bakal menyelenggarakan GIIAS tahun ini. Sedianya pameran akan dihelat selama empat hari, hingga 14 Mei 2017 mendatang.

IIMS 2024 Siap Digelar, Pakai Semua Area JIExpo Kemayoran

Menurut Yusuf Karim Ungsi, Direktur One Events selaku Project Director rangkaian GIIAS 2017, akan ada deretan mobil baru yang siap menyapa 'Kota Daeng' ini. Menurutnya, sejumlah merek yang siap meramaikan ajang kendurian otomotif tahunan tersebut adalah Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Honda, Jeep, KIA, Lexus, hingga Mazda. 

"Ini memang waktu yang tepat bagi masyarakat untuk melihat mobil-mobil baru, karena GIIAS Makassar dijadikan ajang perkenalan produk-produk mereka," ujar Yusuf di konferensi pers GIIAS Makassar, di Four Point, Sheraton, Sulawesi Selatan, Selasa sore, 9 Mei 2017.

Daftar Mobil Paling Favorit di Pameran GJAW 2023

Tak cuma mobil baru, GIIAS Makassar 2017 juga menampilkan sejumlah daya tarik bagi pengunjungnya, di antaranya test drive, layanan SIM dan Samsat keliling, food truck, kontes modifikasi dengan 80 kategori, serta sejumlah perlombaan melibatkan banyak komunitas otomotif.

"Ada dua lomba juga yang menarik, seperti Cut Sticker Show, di mana nanti pesertanya akan meng-cutting sebuah mobil dan nantinya akan diberi nilai oleh juri profesional. Lalu tak kalah menarik, ada juga Silent Drag, yakni lomba dorong mobil siapa yang tercepat melibatkan sejumlah orang," kata dia.

Mobil SUV Baru Siap Mengaspal di GIIAS 2022

Potensi menjanjikan

Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo yang sekaligus sebagai Ketua Penyelenggara GIIAS 2017, menjelaskan, sebagai pameran otomotif internasional, hadirnya rangkaian GIIAS 2017 di daerah menjadi kesempatan bagi para agen pemegang merek (APM) serta para peserta pameran lainnya untuk bertemu dan berinteraksi dengan pelaku industri, pemerintah dan masyarakat lokal.

Dengan begitu, masyarakat di daerah akan semakin melek terhadap perkembangan dunia otomotif yang saat ini penjualan secara nasional didominasi Pulau Jawa. “GIIAS dimaksudkan menjadi sebuah pameran otomotif berskala internasional yang dapat memberikan gambaran dan informasi kepada pasar lokal mengenai perkembangan terkini dari industri otomotif global serta pelaku industri otomotif Tanah Air mengikuti tren otomotif dunia," ungkapnya.

Ditambahkan Freddy Sutrisno, Staf Ahli Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penyelenggaraan GIIAS di daerah memang penting dilakukan. Sebagai contoh, Makassar yang bagi industri otomotif nasional cukup berkontribusi positif terhadap penjualan. Meski pun saat ini Makassar tengah mengalami perlambatan ekonomi. 

"Selama ini memang GIIAS selalu berpatokan pada Jakarta, kami sadar kenapa orang daerah kok enggak kebagian, padahal potensinya menjanjikan. Sebelum Jokowi (Presiden RI), perhatian terhadap Indonesia Timur tidak ada, sekarang baru ada. Nah pameran ini kami adakan sejalan dengan rencana pemerintah, Makassar itu pintu gerbang Indonesia Timur," kata Freddy.

Tren mobil

Bicara jenis mobil yang digandrungi di Indonesia Timur termasuk Makassar, Gaikindo punya catatan sendiri. Menurut Sekretaris I Gaikindo Eddy Sumedi, Indonesia Timur masih menggandrungi mobil-mobil 4x2. Sebutan itu disampaikan menganut dari kategorisasi yang berlaku secara resmi di Kementerian Perindustrian.

"Jenis-jenis mobil di Kemenperin itu ada 4x2, 4x4, Double Cabin, KBH2. Nah untuk Sulawesi Selatan, model 4x2 seperti Avanza, Xenia, Ertiga," ujarnya di tempat yang sama.

Untuk jenis sedan, sama kondisinya seperti wilayah lain, di mana peminatnya makin lesu. Bahkan dikatakannya mati suri. Alasannya jelas, karena sedan dikenakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya