Mengenal Istilah Bensin 'Basi' pada Kendaraan

Bensin basi.
Sumber :
  • Autocar

VIVA.co.id – Karena sejumlah alasan, sepeda motor terkadang jarang digunakan oleh pemiliknya. Banyak orang beranggapan, apabila motor tak digunakan, maka usia pakainya makin panjang. Padahal anggapan tersebut salah. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut mekanik bengkel Clinic Motor, Eko Safitrianto, motor yang jarang digunakan rentan terhadap kerusakan. Maka itu diperlukan upaya menghidupkan mesin hanya untuk sekadar memanaskannya. Salah satu kerusakan yang kerap menyapa motor yang jarang digunakan adalah susah hidup karena sejumlah faktor. Bensin basi atau kedaluwarsa menjadi salah satu penyebab.

"Kalau motornya jarang dipakai dalam jangka waktu lama, dicek dulu tangkinya. Khawatir bensinnya basi. Jadi enggak mau nyala," kata Eko kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurut dia, susah menyalakan mesin motor yang jarang digunakan tak sepenuhnya karena faktor aki lemah atau soak. Karena bisa jadi faktor bensin yang sudah basi atau kedaluwarsa. Bensin basi juga bisa menyebabkan motor brebet.

"Karena bensin yang terlalu lama mengendap di tangki akan menyebabkan kualitas oktan menurun, lebih dari sebulan bisa basi. Otomatis harus dikuras. Biayanya sekira Rp50 ribu," ujarnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Kedua, dia menyarankan pengguna untuk memeriksa busi motor. Sebab bisa jadi motor yang lama tak dipakai susah hidup lantaran tak berfungsinya sistem pengapian. "Businya juga ikut dicek," tuturnya singkat. (one)
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022