TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Deteksi Mobil Bekas Tabrakan, Tak Harus Jago Mobil

Banyak mobil yang terlihat mulus tapi ‘bermasalah’.
Deteksi Mobil Bekas Tabrakan, Tak Harus Jago Mobil
mobil bekas tabrakan. (Carscoops)

VIVA.co.id – Membeli mobil bekas alias seken merupakan solusi bagi konsumen yang memiliki dana terbatas. Namun perlu ketelitian saat hendak memilih kendaraan bekas pakai tersebut. Pasalnya, saat ini banyak mobil yang terlihat mulus tapi ‘bermasalah’.

Ya, jangan sampai mobil bekas yang akan dibeli ternyata adalah bekas tabrakan. Banyak cara yang dilakukan pemilik mobil bekas agar kendaraannya terjual salah satunya yakni mendempul hingga nampak seperti baru kembali.

Sebagai calon pembeli, Anda harus mengetahui ciri-ciri mobil bekas tabrakan yang telah dilakukan pendempulan. Hal itu diungkapkan Instruktur Technical Service Training ADM Ichsan Adi Permana.

"Periksa warna catnya di seluruh permukaan bodi, kalau catnya belang berarti pernah dicat ulang atau diperbaiki pada salah satu sisinya," kata Ichsan kepada VIVA.co.id di Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Selain warna cat mobil yang tidak rata, mobil seken bekas tabrakan juga bisa dilihat atau dideteksi dengan bodi mobil yang tidak simetris lagi dengan aslinya. "Cara periksa itu ada lapisan dempulnya atau tidak, diketuk-ketuk aja pakai tangan, kalau kaleng suaranya nyaring, kalau dempul agak keredam suaranya," tuturnya.

Untuk mendeteksi bekas tabrakan hebat frontal dari depan, Anda juga bisa mencoba mobil kemudian perhatikan kestabilan bodi dan steeringnya.

"Buka kap mesin, perhatikan kesimetrisan dari permukaan radiator support atau bagian fender-fender nya, kalau ada bekas repair kemungkinan mobilnya pernah tabrakan dari depan," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP