Dahlan Iskan Pamer Mobil Listrik Tesla Rp4 Miliar

Dahlan Iskan pamer mobil terbarunya berharga Rp4 miliar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan punya mobil baru seharga Rp4 miliar. Tunggangan barunya itu, ialah mobil listrik Tesla buatan Amerika Serikat. Mobil jenis sedan berwarna silver tipe S itu dibeli Dahlan secara Completely Built Up (CBU).

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Pada Jumat sore, 12 Mei 2017, Tesla dipamerkan Dahlan di Graha Pena, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Jawa Timur. Yang menarik, mobil itu disandingkan dengan mobil listrik Indonesia, Selo, yang dikembangkan Dahlan semasa menjabat Menteri BUMN pada 2012 lalu. Gara-gara proyek itu dia diperkarakan.

Dahlan mengaku tertarik membeli Tesla lebih dari sekadar untuk memiliki. Dia hanya ingin mengetahui sejauh mana perkembangan mobil listrik di dunia. "Ternyata, mobil listrik memang ada. Di Amerika, sekarang mobil listrik diproduksi massal dan maju," katanya.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pria yang kini diperkarakan Kejaksaan soal proyek prototipe mobil listrik di Kementerian BUMN itu menjelaskan, banyak negara luar mengembangkan mobil listrik sejak empat tahun lalu. Bahkan di Amerika pertumbuhannya cepat naik, mengalahkan mobil berbahan bakar minyak. "Thailand juga serius akan mengembangkan itu," kata dia.

Di negeri Paman Sam, kata Dahlan, produksi mobil listrik dalam setahun kini mencapai 700 ribu unit. Memang, kata dia, secara kuantitas itu hanya 10 persen dari produksi mobil berbahan bakar minyak buatan Ford. "Tapi dari sisi nilai, harganya Tesla melebihi Ford," ujarnya.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mobil baru Dahlan Iskan yang dibeli Rp4 miliar.

Sebetulnya, lanjut Dahlan, dia membayangkan Indonesia juga bisa mengembangkan mobil listrik. Itu direncanakannya sejak empat tahun lalu, semasa menjadi menteri. "Cuma kehilangan kesempatan, karena jadi perkara hukum," kata pendiri Jawa Pos Group itu. (asp)

BYD Sea Lion 07

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) merilis foto-foto interior resmi dari mobil listrik Sea Lion 07, sebuah SUV yang dikabarkan bakal bersaing dengan Tesla model

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024