TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Fungsi dan Cara Gunakan Fitur 'Washer Lamp' pada Mobil

Washer Lamp berbentuk batang atau tonjolan di bawah lampu utama.
Fungsi dan Cara Gunakan Fitur 'Washer Lamp' pada Mobil
Fitur washer lamp pada mobil. (VIVA.co.id/Pius Yosep Mali)

VIVA.co.id – Beragam fitur teknologi otomotif yang disematkan di mobil, bertujuan untuk membantu keamanan dan kenyamanan pembesutnya ketika mengemudi. Salah satu fitur teknologi otomotif yang mungkin belum banyak diketahui oleh konsumen adalah washer lamp.

Washer Lamp, biasanya berbentuk batang, atau tonjolan di bawah lampu utama mobil, atau pada mobil keluaran baru berupa kotak yang bisa terbuka secara otomatis jika pembersih lampu ini terbuka. Di mobil mewah, bahkan ada juga yang dilengkapi wiper lamp untuk menyeka air yang menyemprot seperti pada kaca.

Menurut Abdul Romi Misroni, Servis Manager PT Nusantara Berlian Motor -diler resmi mobil penumpang Mitsubishi, fitur washer lamp sebenarnya sudah lama ada, meski demikian fitur ini hanya dipasang di mobil segmen menengah ke atas.

"Kalau di Mitsubishi, ada di Pajero Sport yang baru. Untuk washer lamp sesuai namanya, dia berfungsi untuk membersihkan headlamp, atau lampu utama," ujar Romi kepada VIVA.co.id, Senin 15 Mei 2017.

Jika diperhatikan lebih seksama, dikatakan Romi, pada washer lamp terdapat lubang yang bisa menyemprotkan air untuk membersihkan kaca. Untuk yang model tertutup seperti pada Pajero Sport, semprotan air hanya bisa dilihat jika fitur ini difungsikan.

"Untuk cara kerjanya sama aja di berbagai merek mobil. Biasanya diaktifkan dengan tombol di dalam kabin, ada yang di dasbor, ada yang di setir, ada yang menyatu dengan tuas wiper," kata dia.

Lantas, dari manakah asal air yang menyembur, jika washer lamp diaktifkan? Romi menyebut, air berasal dari wadah yang sama dengan tangki untuk pembersih kaca depan. "Airnya, itu sama-sama dari tangki pembersih kaca di bawah kap mesin. Hanya saja, ada jalur air yang buat menyemprotkan air ke kaca, nah ini jalur airnya terpisah, dibagi untuk ke headlamp kiri dan kanan," kata dia. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP